Kompas TV nasional politik

Sejarah Reuni 212: dari Tuntutan Penjarakan Ahok, Bebaskan Rizieq Shihab hingga Usul Jadi Parpol

Rabu, 1 Desember 2021 | 18:47 WIB
sejarah-reuni-212-dari-tuntutan-penjarakan-ahok-bebaskan-rizieq-shihab-hingga-usul-jadi-parpol
Ilustrasi. Suasana aksi reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12/2019). sejarah gerakan ini terkait dengan politik, umat, hingga terkait tuntutan Rizieq Shihab serta soal Ahok(Sumber: Kompas.tv/Ant/Aruna)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Reuni 212 akan kembali digelar besok 2 Desember 2021 dan rencananya akan digelar di Patung Kuda di Jakarta Pusat, dan di Majelis Azzikra yang berada di Sentul, Jawa Barat. Meski polisi dan  Majelis Azzikra tidak memberi izin. 

Dalam lanskap perpolitikan Indonesia terkini, jika menyebut tentang Reuni 212 maka tidak bisa lepas dari pelbagai peristiwa yang melatarbelakanginya. Mulai dari soal peristiwa yang membuat Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok dipenjara karena dianggap penista agama hingga soal anggapan sebagai wadah politik islam.

Peneliti Politik Islam dari The Political Literay, Muhammad Hanifudin, misalnya mengingatkan tentang muasal gerakan 212 ini yang sebenarnya erat dengan politik dan kekuasaan. Bukan sakadar gerakan yang benar-benar terkait dengan agama semata.

“Dalam perjalanannya, 212 tidak sekadar gerakan bela agama semata, tetapi juga gerakan politis. Mendukung calon tertentu yang berkontestasi dalam perebutan kekuasaan. Semisal Pilkada DKI 2017 dan Pilpres 2019,” papar Hanif kepada KOMPAS TV lewat Whatsapp, Rabu (1/11).

Baca Juga: Peneliti Jelaskan Sulitnya Gerakan PA 212 Jadi Parpol, Terkait Dana dan Elit Partai Politik

212 dan Gerakan Politik

Desakan untuk mewadahi gerakan 212 menjadi parpol sudah menggema sejak lama. Apalagi, selama ini, 212 dianggap dekat dengan politik kekuasaan, khususnya dalam menjadi oposisi pemerintahan Jokowi atau dianggap mendukung dalam pemerintahan Anies Baswedan di DKI.

Pada 2018 lalu, jelang perhelatan Pemilu 2019 yang membuat Jokowi terpilih lagi jadi Presiden untuk kali kedua, Gerakan 212 lewat Persaudaran Alumni 212 (PA 212) secara terbuka juga mendukung Prabowo dan Sandi.

Bahkan, disebut-sebut juga akan berubah jadi partai politik. Bahkan, pihaknya membuat koalisi bersama beberapa partai oposisi bernama Koalisi Keumatan, yang terdiri Gerindra, PAN, PKS, PBB, dan Partai Berkarya.

“Kesamaan antara ulama dengan pimpinan partai yang ada, kemungkinan besar calon presidennya Prabowo Subianto,” papar Slamet Maarif, Pimpinan PA 212 sebagaiman dilansir kompas.com, Juli 2018.

Meskipun, dalam perjalananya, koalisi itu pun menguap begitu saja.  Banyak politisi pun menyarankan menjadi parpol, tapi tampaknya PA 212 sebagai wadah alumni gerakan 212 menampik desakan tersebut.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19