Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Suka Makanan Pedas? Berikut 5 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 16:13 WIB
suka-makanan-pedas-berikut-5-manfaat-cabai-rawit-untuk-kesehatan
Menambahkan sedikit rasa pedas dalam makanan mungkin dapat meningkatkan selera makan. Tapi, tahukan bahwa cabai rawit memiliki manfaat kesehatan? (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Menambahkan sedikit rasa pedas dalam makanan mungkin dapat meningkatkan selera makan. Tapi, tahukan bahwa cabai rawit memiliki manfaat kesehatan?

“Cabai rawit adalah tambahan yang bagus untuk diet sehat,” kata ahli diet Alexis Supan, RD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Cabai rawit dikenal sebagai Capsicum annum, paprika pedas ini adalah anggota dari keluarga Solanaceae (nightshade).

Cabai rawit diperkirakan berasal dari Amerika Selatan, tetapi kini menjadi bahan tambahan yang populer untuk masakan di seluruh dunia.

Cabai rawit memiliki tingkat pedas yang tinggi tetapi tidak terlalu panas. Jika Anda penggemar makanan pedas, Anda mungkin akrab dengan skala Scoville.

Skala ini mengukur panas cabai, dari paprika yang tidak pedas di satu ujung hingga cabai rawit.

Lada jalapeo mengemas sekitar 5.000 Unit Panas Scoville, sementara cabai rawit lebih dari 30.000 hingga 50.000.

“Cabai rawit sedikit lebih pedas daripada jalapeo,” kata Supan. “Kebanyakan orang tidak akan mengemil cabai rawit mentah.”

Untungnya, Anda bisa menuai banyak manfaat cabai rawit tanpa memakannya mentah-mentah. Baik Anda memasak dengan paprika segar atau menaburkan cabai rawit kering dan bubuk ke dalam makanan Anda.

Apakah Cabai Rawit Sehat?

Seperti kebanyakan produk berwarna-warni, cabai rawit adalah sumber nutrisi yang baik. Secara khusus, cabai rawit kaya dengan  kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin K.

“Jika Anda bisa mendapatkan cabai rawit segar, Anda akan mendapatkan lebih banyak vitamin. Satu lada segar memiliki 72 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan dan 50 persen vitamin A,” kata Supan.

Cabai rawit bubuk tidak mengandung vitamin sebanyak yang masih segar. Namun, bubuk cabai kering merupakan sumber vitamin A yang baik.

“Hanya dalam satu sendok teh, Anda akan mendapatkan 15 persen dari vitamin A harian Anda.”

Vitamin A adalah nutrisi penting. Ini memainkan peran penting dalam penglihatan, reproduksi, kesehatan sistem kekebalan tubuh, fungsi jantung, paru-paru, ginjal dan organ lainnya.

Khasiat Cabai Rawit

Manfaat kesehatan dari cabai rawit jauh melampaui kandungan vitaminnya. Manfaat cabai rawit berasal dari capsaicin, senyawa alami yang memberikan rasa pedas pada cabai.

Berikut khasiat cabai rawit:

1. Memberi senyawa bermanfaat

“Cabai rawit adalah sumber antioksidan yang luar biasa yang melindungi sel-sel kita dan meningkatkan kesehatan,” kata Supan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x