Kompas TV regional berita daerah

Harus Beli Produk UMKM Sebelum Kuliner di Pantai Gading

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 14:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOGIRI, KOMPAS.TV - Ingin menikmati kuliner dengan suasana berbeda? Di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, ada tempat kuliner yang berada di pinggir Waduk Gajah Mungkur. 

Meskipun tempat kuliner ini bernama Pantai Purba, namun tempatnya bukan berada di pinggir pantai, melainkan di tepi Waduk Gajah Mungkur di Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri. Tempat ini berada di pinggir jalan, setengah kilometer sebelum pintu masuk obyek wisata Waduk Gajah Mungkur.

Awalnya, tempat ini adalah pinggiran waduk yang tidak terurus dan  banyak tanaman gulmanya. Namun kini berhasil disulap oleh pengelola, menjadi tempat kuliner nan asri.
 

Sebelum ada obyek wisata Waduk Gajah Mungkur, dulu masyarakat biasa berwisata di tempat ini yang dulunya bernama Pantai Gading Purba. Namun karena tak mampu menampung luapan pengunjung, akhirnya dibukalah obyek wisata Waduk Gajah Mungkur hingga sekarang.

Ada yang unik di tempat ini. Untuk mengantarkan makanan siap saji, pihak pengelola menggunakan semacam flying fox sepanjang 70 meter. Selain itu, ada kewajiban bagi pengunjung untuk membeli keripik produk warga setempat, sebagai upaya untuk memulihkan perekonomian warga di saat pandemi.

Heri Putro Sembada, salah satu pengunjung asal Solo mengaku, senang dengan keberadaan tempat ini. Ia tidak mengira di pinggir waduk ada resto tersembunyi yang  memiliki pemandangan indah.

"Bagusnya di sini viwnya langsung ke danau. Desainya lumayan unik juga, alam banget, suasana juga nyaman, rasa makannya juga enak, pas dikantong juga," ujar Heri.

Untuk membatasi jumlah pengunjung, terutama pada saat week end pihak pengelola melakukan sistem buka-tutup. Apabila pengunjung di dalam sudah sesuai kapasitas, maka pengunjung lain belum diperkenankan masuk, dan baru boleh masuk setelah ada pengunjung lain yang keluar resto.

Selain bisa berkuliner sambil menikmati pemandangan waduk/,pengunjung juga bisa menyewa perahu dengan biaya Rp 100 ribu. Satu perahu berkapasitas enam penumpang akan diajak mengelilingi waduk gajah mungkur.

#wadukgajahmungkur #wisataalam #wonogiri

 

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x