Kompas TV regional update

Banjir di Hulu Sungai Tengah Capai 60 Sentimeter, Status Berubah Menjadi Tanggap Darurat Bencana

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 14:35 WIB
Penulis : Edwin Zhan

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) memeriksa kesehatan para korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Pemeriksaan dilakukan lantaran sejumlah warga mulai mengeluhkan gangguan kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan oleh tim PMI bersama anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI Kodim 1002 di lokasi pengungsian yang berada di Langgar Shiratal Mustaqim.

Baca Juga: Tersisa di Bagian Hilir, Banjir di Hulu Sungai Tengah Mulai Menurun

Selain pemeriksaan kesehatan, petugas PMI juga menyalurkan bantuan berupa obat-obatan dan makanan kepada warga terdampak, guna memastikan kebutuhan korban di pengungsian atau mereka yang bertahan di rumah tetap tercukupi.

Penyaluran bantuan makanan bagi korban banjir juga terus disalurkan oleh TNI  hingga hari keempat setelah terjadinya banjir.

Penyaluran dilakukan langsung dari rumah ke rumah.

Bantuan langsung diberikan dari pintu ke pintu karena sejumlah warga di kawasan ini masih memilih bertahan di rumah dan tidak mengungsi.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menaikkan status dari siaga bencana menjadi tanggap darurat bencana selama sepekan; terhitung dari 28 November 2021.

Hal ini dilakukan akibat banyak warga yang terisolasi dan mengungsi karena ketinggian air semakin meningkat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.