Kompas TV regional berita daerah

Difabel Ciptakan Alat Roasting Kopi dari Barang Bekas

Rabu, 1 Desember 2021 | 13:13 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Keterbatasan fisik tak selamanya membuat seseorang untuk terus berkarya. Dengan segala  keterbatasannya, Sugeng (44) difabel asal Dusun Mijen, Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tak patah semangat untuk terus berinovasi. Tak biasa berpangku tangan, ia pun mencoba merakit alat roasting kopi dengan menggunakan barang bekas.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat roasting kopi adalah  tabung gas freon bekas yang ujungnya dipotong dan sudah dibersihkan. Pada bagian dalam tabung diberi beberapa penyekat dari plat supaya biji kopi green bean yang dimasak bisa rata matangnya. Tabung lalu diberi penutup yang pada bagian tengah diberi lubang  pipa untuk memasukkan  biji kopi. Pipa tersebut fungsinya untuk memasukkan dan mengeluarkan  green bean kopi.

Setelah tabung jadi, Sugeng kemudian membuatkan tempat dudukan pada  bagian bawah, agar  tabung bisa  terpasang di  atas  kompor gas dengan  jarak yang sudah diperhitungkan.

Setelah itu,  mesin  yang menggunakan dinamo dihidupkan,  tabung berputar di atas  api kompor gas, sehingga biji kopi bisa directing atau disangrai dengan  panas merata dan bisa sempurna. Setelah selesai, biji kopi dikeluarkan dari tabung dan siap untuk digiling.

Ide ini berawal dari kecintaan Sugeng  pada minuman kopi. Awalnya, ia membuat alat yang terbuat dari cangkir seng, kemudian muncul ide membuat dengan ukuran lebih besar yaitu dengan menggunakan tabung bekas gas freon ac, dan akhirnya berhasil.

"Mulai pandemi ini gara-gara acara hajatan tidak boleh. Jadi beralih usaha untuk membuat kopi, terus membuat alat sendiri," ujar Sugeng.

Salah satu pengusaha kopi rumahan, Slamet Priyatin asal Kaliwungu Kendal mengaku, alat roasting kopi ciptaan Sugeng cukup sempurna dan harganyapun terjangkau.

Alat roasting kopi dengan kapasitas dua kilogram ini dijual dengan harga Rp 2 juta per unit, sudah termasuk kompor.

#alatrostingkopi #kopi #kendal

 

 

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:11
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19