Kompas TV regional berita daerah

Akselerasi Transformasi Ekonomi Digital di Kalsel, Bank Indonesia Kukuhkan TP2DD

Rabu, 1 Desember 2021 | 07:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dalam momentum pembukaan Festival Antasari (Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini, senin pagi (29/11/2021).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menginisiasi terbentuknya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah, TP2DD Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Optimisme Perbaikan Ekonomi Kalsel 2022 Perlu Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

Sebagai satu dari 5 strategi pemulihan ekonomi Kalsel yang sebelumnya diungkap Bank Indonesia dalam PTBI 2021, digitalisasi ekonomi dinilai perlu segera didorong dengan melibatkan Tim yang terdiri dari 13 Kabupaten-Kota se-Kalsel tersebut.

Pemerintah diharapkan menjadi pengerak utama ekosistem ekonomi digital di daerah.

Sebab berdasarkan pilot project Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, EPTD 2019, diketahui berkontribusi pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) hingga 11.1% (yoy).

"Sekarang juga sudah tapi lepas hari semakin baik, terus dikembangkan tadi juga sudah ada arahan dari Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri bagaimana tahapan penyusunan ekonomi digital termasuk pemerintah daerah, akan jadi pedoman," terang Kepala Kpw BI kalsel, Amanlison Sembiring. 

"Kita harapkan Tim bekerja ekstra sehingga digitalisasi di Kalsel berjalan baik, terjadi efisiensi dan peningkatan PAD," ungkap Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Baca Juga: Kalsel Job Fair 2021 Digelar Secara Online, Disnakertrans Targetkan Angka Pengangguran Turun

Bank Indonesia juga melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul adalah melalui Program Sosial Bank Indonesia: Dedikasi Untuk Negeri.

Sepanjang 2021, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah menyalurkan PSBI.

Kepala Kpw Bank Indonesia Kalsel, Amanlison Sembiring menyerahkan simbolis bantuan PSBI kepada tiga penerima bantuan berupa Penunjang Operasional dan Dukungan QRIS Kepada Kelompok Kampung Purun, Digital Farming Barito Kuala dan Dermaga di Desa Wisata Pakualam di Kab. Banjar.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tahanan Polres Kembali Di Tangkap

Senin, 24 Januari 2022 | 16:36 WIB
Berita Daerah

Pementasan Tari Sanghyang

Senin, 24 Januari 2022 | 16:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19