Kompas TV regional berita daerah

Akselerasi Transformasi Ekonomi Digital di Kalsel, Bank Indonesia Kukuhkan TP2DD

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 07:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dalam momentum pembukaan Festival Antasari (Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini, senin pagi (29/11/2021).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menginisiasi terbentuknya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah, TP2DD Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Optimisme Perbaikan Ekonomi Kalsel 2022 Perlu Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

Sebagai satu dari 5 strategi pemulihan ekonomi Kalsel yang sebelumnya diungkap Bank Indonesia dalam PTBI 2021, digitalisasi ekonomi dinilai perlu segera didorong dengan melibatkan Tim yang terdiri dari 13 Kabupaten-Kota se-Kalsel tersebut.

Pemerintah diharapkan menjadi pengerak utama ekosistem ekonomi digital di daerah.

Sebab berdasarkan pilot project Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, EPTD 2019, diketahui berkontribusi pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) hingga 11.1% (yoy).

"Sekarang juga sudah tapi lepas hari semakin baik, terus dikembangkan tadi juga sudah ada arahan dari Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri bagaimana tahapan penyusunan ekonomi digital termasuk pemerintah daerah, akan jadi pedoman," terang Kepala Kpw BI kalsel, Amanlison Sembiring. 

"Kita harapkan Tim bekerja ekstra sehingga digitalisasi di Kalsel berjalan baik, terjadi efisiensi dan peningkatan PAD," ungkap Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Baca Juga: Kalsel Job Fair 2021 Digelar Secara Online, Disnakertrans Targetkan Angka Pengangguran Turun

Bank Indonesia juga melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul adalah melalui Program Sosial Bank Indonesia: Dedikasi Untuk Negeri.

Sepanjang 2021, Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah menyalurkan PSBI.

Kepala Kpw Bank Indonesia Kalsel, Amanlison Sembiring menyerahkan simbolis bantuan PSBI kepada tiga penerima bantuan berupa Penunjang Operasional dan Dukungan QRIS Kepada Kelompok Kampung Purun, Digital Farming Barito Kuala dan Dermaga di Desa Wisata Pakualam di Kab. Banjar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.