Kompas TV internasional kompas dunia

Dituduh Dorong Bunuh Diri, Pastor Rusia yang Sangkal Covid-19 Ada Ini Dihukum 3,5 Tahun Penjara

Rabu, 1 Desember 2021 | 03:30 WIB
dituduh-dorong-bunuh-diri-pastor-rusia-yang-sangkal-covid-19-ada-ini-dihukum-3-5-tahun-penjara
Pastor Sergiy tampak berpose sebelum mengikuti sidang di pengadilan Moskow, Rusia, pada 20 Desember 2020. Pada Selasa (30/11/2021), Pastor Sergiy dinyatakan bersalah atas tuduhan mendorong aksi bunuh diri dan dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara. (Sumber: Basmanny Court, Moscow News Agency photo via AP, File)

MOSKOW, KOMPAS.TV – Seorang pastor pemberontak Rusia yang menyangkal keberadaan virus Corona, pada Selasa (30/11/2021) dinyatakan bersalah atas tuduhan mendorong aksi bunuh diri. Dia dijatuhi hukuman 3,5 tahun penjara.

Melansir Associated Press, Bapa Sergiy, si pastor Rusia itu, ditangkap pada Desember 2020. Dia dituduh menyulut aksi bunuh diri lewat khotbahnya dinmana ia mendesak para pengikutnya untuk ‘mati demi Rusia’, melanggar kebebasan hati nurani dan membuat langkah sewenang-wenang.

Sergiy menolak semua tuduhan itu, dan tim pengacaranya menyatakan akan mengajukan banding atas putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Distrik Ismailovo di Moskow itu.

Saat dijatuhi vonis hukuman, Sergiy menyahut, “Janganlah kau menghakimi dan kau tidak akan dihakimi.”

Baca Juga: Ini Ancaman NATO jika Rusia Nekat Langgar Kedaulatan Ukraina

Saat pandemi dimulai, pastor 66 tahun itu menyangkal keberadaan virus Corona dan mengecam upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi dan menyebutnya sebagai ‘kamp elektronik Setan’.

Dia juga menyebarkan teori konspirasi tentang Covid-19 dan menggambarkan bahwa vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan untuk melawan virus merupakan bagian dari plot global untuk mengendalikan massa lewat mikrocip.

Sergiy mendesak para pengikutnya untuk melanggar pembatasan lockdown pemerintah dan bersembunyi di sebuah biara dekat Yekaterinburg yang ia dirikan.

Di biara itu, ia bersembunyi bersama beberapa sukarelawan kekar, termasuk para veteran konflik separatis di timur Ukraina, yang membantunya menegakkan aturannya sendiri.

Akibatnya, sejumlah biarawan dan biarawati pun pergi dari biara itu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19