Kompas TV nasional peristiwa

Besok HUT OPM, Polri Siaga Jaga Keamanan di Papua

Kompas.tv - 30 November 2021, 23:39 WIB
besok-hut-opm-polri-siaga-jaga-keamanan-di-papua
Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut pihaknya memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Papua menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Rabu, 1 Desember 2021. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri bersiaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Papua menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Seperti diketahui, HUT OPM diperingati setiap tanggal 1 Desember, di mana pada tahun ini jatuh pada besok, Rabu.

Adapun hal tersebut dilakukan setelah beredarnya seruan pengibaran bendera bintang kejora oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

"Tentunya Polri akan menjaga situasi kamtibmas di Papua," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, dilansir dari Antara, Selasa (30/11/2021). 

Selain itu, Ramadhan menyebut Polri juga akan melakukan upaya-upaya preemtif atau upaya pencegahan agar peringatan tersebut tak mengganggu situasi kamtibmas di wilayah Papua maupun Papua Barat.

"Pada prinsipnya kami jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali," ujar Ramadhan menegaskan.

Baca Juga: Bamsoet Ungkap Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ubah Pendekatan Penyelesaian Papua 

Meski demikian, dalam melakukan hal tersebut, kata Ramadhan, Polri tetap mengedepankan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi guna dapat menjaga keamanan bersama-sama. 

Sementara itu dikutip dari Tribunnews, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengungkapkan untuk pengamanan 1 Desember, pihaknya akan siapkan personil sekira 400 orang anggota.

"Kami dari Polda akan mem-backup, di Polres jajaran pun begitu," kata dia.

Meski demikian, dia menyebut bahwa untuk situasi Papua Barat, hingga saat ini masih relatif aman.

Seperti diketahui, sebelumnya telah beredar informasi di sosial media bahwa TPNPB-OPM berencana mengibarkan bendera Bintang Kejora besok dalam rangka HUT OPM.

Bendera Bintang Kejora tersebut rencananya akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga: Kopassus vs Brimob Bentrok di Papua, Ini Penyebab Aparat Cepat "Panas" Menurut Pengamat



Sumber : Kompas TV/Antara/Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x