Kompas TV nasional politik

SMRC Nilai Ada 2 Poin Positif dari Deklarasi Prabowo-Puan

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 05:25 WIB
smrc-nilai-ada-2-poin-positif-dari-deklarasi-prabowo-puan
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan, Rabu (17/11/2021). (Sumber: Intagram: @puanmaharani)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena relawan yang mendeklarasikan tokoh sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) belakangan mulai meningkat. 

Sebelumnya ada sekelompok relawan yang mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pemilu 2024.

Disusul kemunculan kelompok relawan yang mendorong agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai capres di 2024. 

Belakangan muncul kelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai Dewan Presidium Nasional Poros Prabowo-Puan (DPN PPP) yang mendeklarasikan Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Prabowo & Puan Dapat Dukungan. Gerindra Berterima Kasih, PDIP: Terlalu Dini!

Direktur Riset Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Deni Irvani menilai ada dua hal positif dari deklarasi tokoh yang didukung menjadi capres dan cawapres di Pemilu 2024.

Pertama, meski tahapan Pemilu 2024 masih jauh, namun dengan fenomena deklarasi tokoh, masyarakat bisa mengetahui sejak awal siapa saja yang berkemungkinan akan maju sebagai capres atau cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

"Publik punya waktu lebih banyak mengevaluasi tokoh-tokoh atau calon yang akan dipilih nanti," ujar Deni di program Kompas Petang KOMPAS TV, Selasa (30/11/2021).

Deni menambahkan, dari poin positif pertama ini relawan disarankan untuk melihat perilaku pemilih secara berkala.

Baca Juga: Relawan Poros Prabowo-Puan Gelar Deklarasi, Sekjen PDIP: Kontesasi Pemilu Masih Terlalu Awal!

Tujuannya, untuk mengetahui langkah yang akan dijalankan relawan deklarasi Prabowo-Puan dalam mendorong tokoh yang didukung sebagai capres atau cawapres. 

Semisal dalam survei SMRC pada September 2021, nama yang berada di posisi teratas pemilih diisi oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. 

Menurut Deni, 98 persen pemilih nasional sudah mengenal Prabowo. Sedangkan Ganjar dikenal 67 persen pemilih, dan di bawah angka Ganjar ada nama Anies. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x