Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Ancaman NATO jika Rusia Nekat Langgar Kedaulatan Ukraina

Kompas.tv - 30 November 2021, 21:09 WIB
ini-ancaman-nato-jika-rusia-nekat-langgar-kedaulatan-ukraina
Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jen Stoltenberg. NATO mengirim ancaman kepada Rusia tentang konflik Ukraina dalam pertemuan di Riga, Latvia, Selasa (30/11/2021). (Sumber: Anadolu Agency )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

RIGA, KOMPAS.TV - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengirim ancaman kepada Rusia tentang konflik Ukraina. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan antarmenteri luar negeri anggota NATO di Riga, Latvia, Selasa (30/11/2021).

NATO menyebut setiap langkah Rusia yang bisa mendestabilisasi Ukraina akan menjadi “kesalahan fatal.”

Rusia sendiri menaruh sekitar 90.000 pasukan di perbatasan Ukraina sejak awal tahun ini. Konsentrasi pasukan tersebut disorot oleh Barat.

NATO menduga Rusia sedang bersiap melakukan invasi ke bekas anggota Uni Soviet itu. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebelumnya menyatakan bahwa, menurut laporan intelijen, Rusia sedang merancang kudeta terhadap Kyiv.

Kremlin sendiri menampik tuduhan sebagai dalang kudeta dan persiapan invasi ke Ukraina.

Baca Juga: Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik di Laut Putih, Disebut 9 Kali Lipat Kecepatan Suara

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengancam Rusia akan “membayar mahal” jika nekat melakukan agresi militer. Maas menyarankan Moskow untuk menyelesaikan masalah melalui dialog.

“Dukungan NATO untuk Ukraina tidak bisa dipatahkan, dan kemerdekaan, integritas teritorial dan kedaulatan mereka tidak bisa ditawar,” kata Maas.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Raya Liz Truss juga menegaskan bahwa NATO akan menunjukkan dukungan untuk Ukraina.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.