Kompas TV nasional update

Ini Deretan Tanaman yang Bisa Menghasilkan Emas, Salah Satunya Pohon Mindi

Kompas.tv - 30 November 2021, 19:45 WIB
ini-deretan-tanaman-yang-bisa-menghasilkan-emas-salah-satunya-pohon-mindi
Sederet tanaman yang bisa menghasilkan emas sebagaimana dicontohkan Profesor Hamim dari Institut Pertanian Bogor, di antaranya yakni pagar jarak dan mindi. (Sumber: Wikipedia.org)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

BOGOR, KOMPAS.TV - Seorang profesor di Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan sebuah fakta soal tanaman yang bisa menghasilkan emas di Indonesia.

Tanaman emas ditemukan oleh Prof.Dr.Ir. Hamim M.Si dari Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

Hamim menyebut, terdapat sejumlah tanaman yang mengekstrak emas dengan menyerap logam berat, di antaranya juga logam mulia.

Menurut penjelasannya, logam berat merupakan komponen yang tidak mudah terdegradasi dan keberadaannya di tanah bisa mencapai ratusan tahun. 

Sementara itu, tumbuhan, kata dia, memiliki mekanisme fisiologis yang memungkinkan untuk dapat menyerap logam berat dari lingkungannya.

Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai agen pembersih lingkungan. Adapun proses pembersihan komponen berbahaya untuk dikonsumsi dengan tanaman ini dikenal sebagai fitoremediasi

Dia mengatakan, beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyerap logam berat dalam jumlah besar di dalam jaringannya, disebut tumbuhan hiperakumulator.

"Selain bisa dimanfaatkan dalam fitoremediasi, tumbuhan ini juga bisa digunakan untuk menambang logam yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti nikel, perak, emas, platinum dan talium atau suatu kegiatan yang dikenal sebagai fitomining,” kata Hamim melansir dari laman resmi IPB, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: Wow, Ternyata Ada Tanaman yang Bisa Menghasilkan Emas di Indonesia, Apa Saja Jenisnya?

Berikut ini sederet tanaman yang bisa menghasilkan emas sebagaimana dicontohkan Profesor Hamim yang diketahui berpotensi besar untuk digunakan sebagai agen fitoremediasi maupun fitomining.

1. Jarak Pagar (Jatropha curcas)

Jarak pagar (Jatropha curcas) adalah tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Melansir jatrophacurcasplantations.com, tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat ini ia makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan minyak bijinya.

Peran yang agak serupa sudah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak pohon (Ricinus communis), yang bijinya menghasilkan minyak campuran untuk pelumas.

2. Mindi (Melia azedarach)

Pohon Mindi (Melia azedarach) memiliki ukuran daun lebih kecil, dengan ujung daun tunggal pada ujungnya, sementara Mimba (Azadarachta indica) berukuran lebih besar, lebih bergerigi tepian daunnya dan berpasangan.

Melansir laman resmi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, pohon Mindi atau biasa disebut Mimba dikenal sebagai penghasil kayu yang baik, sehingga selain sebagai tanaman peneduh jalan, pemanfaatan kayunya sebagai bahan bangunan jauh lebih dikenal daripada penggunaannya sebagai tanaman obat.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x