Kompas TV regional sosial

Inovasi Mahasiswa UGM, Ubin Penghasil Listrik dari Hentakan Kaki

Kompas.tv - 30 November 2021, 18:51 WIB
inovasi-mahasiswa-ugm-ubin-penghasil-listrik-dari-hentakan-kaki
Ubin listrik membawa sekelompok mahasiswa UGM menyabet gelar juara 2 dalam lomba Eco Business Plan ENVIRONATION 2021 ITS.  (Sumber: dok. humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ubin listrik membawa sekelompok mahasiswa UGM menyabet gelar juara 2 dalam lomba Eco Business Plan ENVIRONATION 2021 ITS. 

Ubin listrik berupa pengembangan gagasan ubin yang menghantarkan aliran listrik ini berhasil menyisihkan 27 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Rancangan bisnis ini adalah inovasi ubin penghasil listrik dari hentakan kaki manusia,” ujar ketua tim UGM, Bahana Aslamabel, Selasa (30/11/2021).

Ia bersama dengan dua temannya, Muhammad Amarutsli (Teknik Mesin’18) dan Ferraldy Kurnia Rizqi (Teknik Mesin’18), mengusung konsep pengembangan produk yang dinamai Floor Electric Generator (FELECTRIG).

Floor Electric Generator merupakan inovasi pembangkit listrik alternatif yang menggunakan piezoelektrik dan memanfaatkan langkah kaki manusia.

Baca Juga: 4 Mahasiswa UGM Olah Larva Lalat Menjadi Pakan Kucing Berprotein Tinggi

Menurut Bahana, FELECTRIG berupa ubin yang diletakkan pada lantai di berbagai tempat publik seperti tempat wisata, mal, bandara, dan tempat ramai pengunjung lainnya.

Ubin ini bisa mengkonversi langkah kaki orang yang melewati lantai tersebut menjadi listrik yang digunakan untuk alat elektronik seperti lampu.

Saat ini, mereka masih terus melakukan pengembangan produk ubin listrik. Targetnya, ubin listrik bisa digunakan dan menghadirkan alternatif pasokan energi untuk listrik.

Baca Juga: Menguak Misteri Pegunungan Menoreh, Pakar UGM: Banyak Ditemukan Tanaman Kaya Antioksidan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x