Kompas TV regional berita daerah

Daya Tarik Desa Wisata Carang Sari

Kompas.tv - 30 November 2021, 17:10 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam perang puputan margarana melawan tentara nica menjadi spirit menciptakan ikon desa perjuangan oleh masyarakat Desa Carangsari di Kabupaten Badung Bali. Keberadaan desa wisata perjuangan ini diharapkan mampu menjadi daya tarik baru para wisatawan, pasca pandemi Covid-19.

Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung Bali merupakan tanah kelahiran I Gusti Ngurah Rai, yang merupakan salah satu pahlawan nasional indonesia yang berasal dari Bali.

Di desa ini terdapat patung I Gusti Ngurah Rai setinggi sekitar 4 meter yang menjadi ikon untuk mengenang pemimpin pasukan ciung wanara dalam perang puputan margarana melawan penjajah dari pasukan tentara nica Belanda, pada 20 Nopember 1946 silam.

Saat ini Desa Carangsari telah menjadi salah satu desa wisata terbaik se-Indonesia dan sempat dikunjungi langsung Menparekraf RI Sandiaga Uno pada September lalu.

Tidak saja sekedar menjadi desa wisata, dengan kearifan lokal, seni budaya, adat istiadat, serta spirit pahlawan I Gusti Ngurah Rai, masyarakat Desa Carangsari berupaya menciptakan ikon bagi desanya sebagai desa perjuangan.

Desa wisata carangsari resmi tercatat dalam daftar 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Dengan ikon desa perjuangan, desa wisata carang sari diharapkan mampu menjadi daya tarik baru menarik minat kunjungan wisatawan pascapandemi Covid-19.

 

 

 

 

#PandemiCovid19 #SandiagaUno #MenparekrafRI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x