Kompas TV olahraga kompas sport

Sabet Ballon d Or Wanita 2021, Ini Profil Alexia Putellas

Kompas.tv - 30 November 2021, 16:11 WIB
sabet-ballon-d-or-wanita-2021-ini-profil-alexia-putellas
Gelandang Barcelona dan Timnas Spanyol Putri, Alexia Putellas memenangkan gelar Ballon dOr Wanita 2021. (Sumber: AP Photo/Christophe Ena)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Penghargaan pesepakbola terbaik dunia 2021 versi France Football, Ballon d’Or resmi diumumkan pada Selasa (30/11/2021) dini hari waktu Indonesia. 

Terdapat empat penghargaan yang diumumkan dalam acara ini, yakni pesepakbola pria terbaik, pesepakbola wanita, pemain muda, dan kiper terbaik.

Penghargaan Ballon d’Or Wanita 2021 dimenangkan oleh gelandang Barelona, Alexia Putellas. Sang pemain adalah pemenang ketiga sejak penghargaan pesepakbola terbaik wanita tersebut diperkenalkan.

Putellas berhak diganjar Ballon d’Or usai mendapatkan 186 poin. Ia unggul jauh dari dua kandidat utama lain, yakni rekan setimnya di Barcelona, Jennifer Hermoso (84 poin) dan penyerang Chelsea, Sam Kerr (46).

Baca Juga: Alexia Putellas Rebut Gelar Ballon d'Or Wanita 2021

Keberhasilan Putellas merupakan buah dari penampilan gemilangnya setahun terakhir. Bersama Blaugrana, ia sukses menyabet tiga trofi pada 2021.

Lalu, siapakah Alexia Putellas? Berikut profil gelandang andalan Barcelona Femeni tersebut.

Alexia Putellas lahir di Mollet del Valles, Katalunya pada 4 Februari 1994. Ia mengawali karier junior di CE Sabadell. Putellas sempat pindah ke Barcelona kemudian Espanyol sewaktu remaja.

Putellas mendapatkan debut senior di Espanyol saat masih berusia 16 tahun. Pada musim perdananya, ia masuk dalam skuad Espanyol yang menjuarai Copa de la Reina (ekuivalen Copa del Rey) 2010.

Semusim kemudian, Putellas bermain di partai final Copa de la Reina, kali ini lawan Barcelona. Namun, Espanyol kalah 0-1 dalam final 2011 tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x