Kompas TV religi beranda islami

Tiga Golongan Orang yang Doanya Pasti Diterima Allah

Kompas.tv - 30 November 2021, 15:28 WIB
tiga-golongan-orang-yang-doanya-pasti-diterima-allah
Ilustrasi doa. berikut ini merupakan 3 golongan yang doanya pasti diterima Allah (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Islam, doa adalah bentuk komunikasi hamba kepada Rabb-Nya. Bahkan, dalam janjinya di Alquran, Allah akan mengabulkan doa dari hambanya yang tulus.

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Al-Mukmin ayat 60)

Selain itu, ada beberapa orang yang jika berdoa akan segera dikabulkan oleh Allah SWT. Padahal, orang biasa mungkin kerap bertanya, kok doa belum dikabulkan, kenapa?

Wallahu a’lam, hanya Allah yang lebih memahami ini. Yang jelas, dalam sebuah hadis Nabi kita dikasih ‘bocoran’ tentang beberapa orang yang jika berdoa Allah akan mengabulkannya.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh BikAda tiga golongan yang jika ia berdoa, maka Allah tidak akan menolaknya. Orang-orang ini bisa jadi terdiri dari orang-orang yang biasa, mungkin juga ada di sekitar Anda.

Baca Juga: Doa Selamat Dunia Akhirat yang Dianjurkan Para Ulama

Tiga Orang yang Doa Pasti Tidak Tertolak

Orang yang Gemar Buka Puasa

Golongan pertama adalah mereka yang gemar puasa. Ternyata, orang yang mengisi hidupnya dengan berpuasa termasuk salah satu orang yang kata Nabi doanya tidak akan ditolak Allah.

Tentunya, bisa kita tiru. Selain puasa wajib saat Ramadan, Anda juga bisa melakukan puasa sunnah seperti puasa Senin-Kamis hingga puasa Daud

Baca Juga: Niat Puasa Senin dan Kamis, Teks Arab dan Rahasia Di Baliknya

Pemimpin yang Adil

Golongan kedua adalah seorang pemimpin yang adil doanya pasti dikabulkan Allah SWT. Jika seorang pemimpin mampu adil, makai a akan memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Dan Allah akan mengabulkan doa-doanya.

Doa orang yang Teraniaya

Selanjutnya adalah soal orang yang teraniaya, doa mereka begitu ampuh

Tiga golongan di atas berdasarkan sebuah hadis dengan prediket Hasan. Artinya, hadis ini sudah terverifikasi dan bisa jadi rujukan.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Itulah tiga orang yang doanya pasti dikabulkan. Semoga Allah juga mengabulkan doa-doa kita. Amin. Wallahu a’lam.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.