Kompas TV nasional hukum

Brimob Jualan Rokok Berujung Bentrok dengan Kopassus TNI, Kompolnas Soroti Gaji Anggota Polri

Selasa, 30 November 2021 | 14:23 WIB
brimob-jualan-rokok-berujung-bentrok-dengan-kopassus-tni-kompolnas-soroti-gaji-anggota-polri
Ilustrasi: Aparat gabungan TNI-Polri saat apel di Polres Puncak (Sumber: Tribunpapua.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Amole telibat bentrok dengan prajurit Kopassus TNI AD dari Satgas Nanggala di Timika, Papua, pada Sabtu (27/11/2021).

Keributan itu terjadi di lokasi Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepatnya di depan Mess Hall, Timika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Baca Juga: Buntut Bentrok Kopassus dan Brimob, Panglima TNI Akan Proses Hukum Oknum yang Terlibat

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa bentrokan itu bermula ketika personel Satgas Amole Kompi 3 berjualan rokok di area pos RCTU Ridge Camp Mile 72.

Saat itu, datanglah sejumlah prajurit Kopassus dari Satgas Nangggala sebanyak 20 orang. Mereka hendak membeli rokok yang dijual anggota Brimob.

Namun, personel Kopassus itu tidak terima dengan mahalnya harga rokok yang dijual itu. Dari situlah kemudian terjadilah cekcok yang berujung pada bentrokan antarkedua kelompok.

Akibat bentrokan itu, 5 anggota Brimob dari Satgas Amole mengalami luka. Mereka yang menjadi korban antara lain Bripka Risma, Bripka Ramazana, Briptu Edi, Bharaka Heru Bharatu Munawir dan Bharatu Julianda.

Baca Juga: Rentetan Bentrok Prajurit, Kopassus vs Brimob hingga Marinir Adu Jotos dengan Raider TNI AD

Menanggapi kejadian itu, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) angkat bicara. Kompolnas menilai kasus bentrokan tersebut menjadi penanda bahwa kesejahteraan anggota Polri masih rendah di Indonesia.

Adapun besaran gaji anggota Polri diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

Sumber : Tribunnews.com/Kompas.TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Buruh Desak RK Tetapkan Upah S

Selasa, 30 November 2021 | 14:12 WIB
Berita Daerah

Mensos Gulirkan Konsep Lumbung Sosial

Selasa, 30 November 2021 | 14:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19