Kompas TV regional berita daerah

Berikan Bantuan, Mensos Risma Datangi Lokasi Banjir Garut

Kompas.tv - 30 November 2021, 14:01 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Menteri Sosial Tri Rismaharini kunjungi lokasi banjir bandang di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening, Garut, Jawa Barat, Senin kemarin.

Selain memberikan bantuan bagi korban banjir, Risma pun menginstruksikan dibuatkan lumbung sosial yang dinilai efektif dalam penanggulangan bencana alam.

Baca Juga: Mensos Risma Temui Korban Banjir di Palangkaraya, Ingatkan Kepala Daerah Jangan Lengah

Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di salah satu lokasi terdampak banjir bandang di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukawening, Garut, Jawa Barat, Senin malam.

Beserta rombongannya, Menteri Sosial langsung menyalurkan bantuan kepada para korban.
menteri sosial juga ingin memastikan, kebutuhan logistik memasuki masa tanggap darurat tercukupi dan penanggulangan pasca banjir dilakukan dengan efektif.

Saat ini Kementerian Sosial menurut Risma sedang gencar menggulirkan konsep lumbung sosial yang dinilai efektif sebagai antisipasi saat terjadi bencana.

Lumbung sosial ini telah diterapkan dibeberapa daerah yang terdampak bencana.

Sedikitnya 297 rumah warga yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sukawening dan Karangtengah terendam banjir dan membuat warga harus mengungsi.

Akses jalan warga pun terputus akibat terjangan banjir.

Banjir disebabkan meluapnya sungai citameng yang lokasinya dekat dengan permukiman warga.

Petugas gabungan dari TNI Polri, BPBD, pemadam kebakaran dan juga sukarelawan bahu-membahu membersihkan material banjir yang masih tersisa. Warga juga berupaya memperbaiki akses jalan yang sempat terputus.

Walau tidak ada korban jiwa akibat banjir, namun saat ini Pemkab Garut tengah memberlakukan masa tanggap bencana. Warga diimbau tetap waspada jika sewaktu-waktu banjir kembali datang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x