Kompas TV regional berita daerah

Waspada Peredaran Upal di Brebes dan Pemalang

Kompas.tv - 30 November 2021, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Dody Nugraha, mengingatkan perlunya kewaspadaan adanya peredaran uang palsu menjelang Natal dan Tahun Baru.

Saat rapat koordinasi pemberantasan upal dan tim penanggulangan pelanggaran dan atau tindak pidana di bidang sistem pembayaran (TP2TPSP) bersama jajaran kepolisian se-eks karisidenan Pekalongan di Semarang Sabtu (27/11/2021) petang. Dodi mengingatkan perlunya menaruh perhatian pada daerah yang masuk kategori kemiskinan ekstrem seperti Pemalang dan Brebes. Selain itu kedua daerah juga literasi masyarakatnya masih kurang.

"Masyarakat lebih berhati-hati, jangan segan-segan untuk bertanya kepada bank umum, terdekat, ataupun kepada Bank Indonesia ketika menemui uang yang diragukan keasliannya," ujar Dody.

Pada tahun 2020 temuan upal di wilayah eks karisidenan Pekalongan mencapai 7.024 lembar, meningkat 34 persen dibanding tahun 2019 yakni 5.246 lembar, sedangkan tahun 2021 temuan upal menurun drastis yakni 2.244 lembar.

Penurunan ini diperkirakan karena adanya PPKM pandemi Covid-19. Namun seiring dengan pelonggaran PPKM dan menjelang libur panjang Nataru, temuan upal mulai menunjukkan kenaikan.

#uangpalsu #bankindonesia #ekskarisidenanpekalongan

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.