Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol Akses Bandara Kertajati Selesai Dibangun, Bandung-Kertajati Cuma 1 Jam

Kompas.tv - 30 November 2021, 11:24 WIB
tol-akses-bandara-kertajati-selesai-dibangun-bandung-kertajati-cuma-1-jam
Pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan ruas Tol Cipali sudah selesai dan ditagerktan beroperasi secepatnya. Ruas tol itu bersama Tol Cisumdawu akan memangkas waktu tempuh Bandung-Bandara Kertajati dari 3 jam menjadi 1 jam (30/11/2021). (Sumber: BPJT Kementerian PUPR )
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pembangunan ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikampek (Cikopo) – Palimanan (Cipali) sepanjang 3,38 Km, sudah selesai. Ruas tol tersebut ditargetkan bisa beroperasi dalam waktu dekat.

"Terbangunnya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati ini akan mengoptimalkan fungsi dari Bandara Kertajati. Terutama untuk area Jawa Barat dari Karawang, Bandung, hingga Cirebon bisa mengakses Bandara Kertajati lewat ruas tol tersebut," demikian kutipan dari unggahan di akun instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol, @pupr_bpjt, Selasa (30/11/2021).

Uniknya, pada pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati terdapat icon patung berbentuk Angklung khas Jawa Barat yang berada di tengah Simpang Susun Kertajati yang merupakan bagian dari Jalan Tol Cipali.

"Dengan dibangunnya Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir tahun 2021, diharapkan juga akan mendukung konektivitas menuju ke Bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam," lanjut unggahan tersebut.

Baca Juga: Ingat! Hari Ini Batas Akhir Penukaran Kartu ATM Strip Magnetik BCA

Tol Cisumdawu sudah siap dioperasikan pada Desember 2021, khususnya ruas Cileunyi di Kabupaten Bandung hingga ke Cimalaka di Kabupaten Sumedang.

Mengutip laman resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Tol Cisumdawu menjadi tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan. Bahkan terowongan Tol Cisumdawu merupakan yang terpanjang, yakni 472 meter dengan diameter 14 meter.

Baca Juga: Pedagang Online Shop Harap Tenang, Tahun Depan Ada Keringanan Pajak UMKM

Tol Cisumdawu bahkan memiliki 2 terowongan Tol Cisumdawu untuk dua arah yang berbeda di seksi II yakni ruas Rancakalong-Sumedang.

Tol Cisumdawu yang mulai dibangun pada 2011 ini, memiliki panjang total 60,1 km. Yakni dari persimpangan Cileunyi hingga Dawuan, plus akses ke Bandara Kertajati di Majalengka. Tol ini terbagi ke dalam 6 seksi, yakni Cileunyi-Rancakalong, Rancakalong-Sumedang, Sumedang-Cimalaka, Cimalaka-Legok, Legok-Ujungjaya, dan Ujungjaya-Dawuan.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x