Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indonesia Jadi Tuan Rumah G20 2022, Ini 6 Agenda Prioritas yang Bakal Dibahas

Kompas.tv - 30 November 2021, 08:14 WIB
indonesia-jadi-tuan-rumah-g20-2022-ini-6-agenda-prioritas-yang-bakal-dibahas
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut akan ada enam agenda prioritas saat gelaran acara Presidensi G20 2022.  (Sumber: Humas Setkab/Agung)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia akan menjadi tuan rumah Presidensi G20 2022. Akan ada enam agenda prioritas yang diangkat dalam agenda finance track Presidensi G20 tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Senin (29/11/2021), dilansir dari Kontan.co.id.

Adapun, agenda pertama adalah exit strategy untuk mendukung pemulihan. Melihat, semua negara tidak terkecuali, menurut Sri Mulyani, melakukan kebijakan yang luar biasa untuk menyelamatkan perekonomian, menyelamatkan masyarakat dari pandemi, dan melakukan countercyclical baik pada fiskal, moneter, dan regulasi keuangan.

“Pertanyaannya, berapa lama kebijakan countercyclical ini harus dipertahankan, bagaimana kita akan keluar, dan bagaimana kita akan merancang exit policy yang aman, lancar dan adil untuk pemulihan ekonomi global,” katanya.

Kedua, mengatasi dampak pandemi untuk mengamankan pertumbuhan di masa depan. Dalam area ini akan membahas lebih lanjut mengenai dampak Covid-19 yang mempengaruhi sektor rill termasuk tenaga kerja dan juga sisi keuangan untuk pulih bersama dan menjadi kuat.

Baca Juga: Ganjar Bangga RI Dipercaya Jadi Presidensi G20: Optimisme untuk Bangkit

Ketiga, sistem pembayaran di era digital yang ditangani oleh Bank Indonesia.

Keempat, keuangan berkelanjutan dimana forum diskusi akan fokus pada tujuan keberlanjutan dan pembiayaan perubahan iklim yang kredibel dan menciptakan keadilan bagi semua negara.

Kelima, inklusi keuangan. Sri Mulyani mengungkapkan, agenda ini akan mengeluarkan inklusi keuangan terutama terkait peran teknologi digital dan peluang untuk meningkatkan akses bagi UMKM dalam hal pembiayaan dan pemasaran.

“Terakhir, agenda prioritas finance track adalah perpajakan internasional. Bagaimana kita akan membahas paket pajak internasional dan menciptakan kepastian rezim pajak, transparansi, dan pembangunan,” kata Sri Mulyani.



Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.