Kompas TV internasional kompas dunia

China Janjikan Tambahan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Afrika

Selasa, 30 November 2021 | 06:40 WIB
china-janjikan-tambahan-1-miliar-dosis-vaksin-covid-19-untuk-afrika
Presiden China Xi Jinping hari Senin (29/11/2021) mengatakan China akan menawarkan satu miliar dosis vaksin Covid-19 tambahan ke negara-negara Afrika (Sumber: Straits Times)

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping mengatakan akan menawarkan satu miliar dosis vaksin Covid-19 tambahan ke negara-negara Afrika.

Selain itu, Xi Jinping akan mendorong perusahaan-perusahaan China untuk berinvestasi tidak kurang dari USD10 miliar di negara-negara Afrika selama tiga tahun ke depan, seperti dilansir Straits Times, Senin (29/11/2021).

Janji dosis vaksin tambahan, di atas hampir 200 juta dosis yang sudah dipasok China ke Afrika, muncul saat kekhawatiran makin memuncak atas penyebaran varian baru virus corona Omicron, yang diidentifikasi di Afrika selatan.

Kekuatan ekonomi dunia, melalui program COVAX, sebelumya janjika 2 miliar dosis vaksin Covid-19 untuk memvaksinasi 70 persen penduduk Bumi.

Amerika Serikat menjanjikan 1.100 juta dosis, Uni Eropa 500 juta, sedangkan Inggris Raya dan China masing-masing 100 juta. Meskipun demikian, realisasinya dilaporkan lima kali lipat lebih rendah dibanding komitmen yang terucap.

Dalam pidato yang diberikan melalui tautan video pada pembukaan Forum Kerja Sama China-Afrika, Xi juga mengatakan, pusat renminbi lintas batas China-Afrika akan didirikan untuk memberikan kredit kepada lembaga keuangan Afrika sebesar USD10 miliar dollar, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Total impor China dari Afrika, salah satu sumber utama pasokan minyak mentah dan mineral, akan mencapai USD300 miliar dalam tiga tahun ke depan, kata Xi.

Dia menambahkan kedua belah pihak akan bekerja sama di berbagai bidang seperti kesehatan, inovasi digital, promosi perdagangan, dan pembangunan hijau.

Baca Juga: Belajar dari Omicron, Ketidakmerataan Vaksin Picu Berkembangnya Varian Baru, Afrika Menderita

Jepang mengumumkan segera melarang masuknya semua pelancong asing untuk menghadang virus corona varian Omicron (Sumber: France24 via AFP)

Badan Kesehatan Dunia WHO pada hari Sabtu melalui Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali menegaskan pentingnya perjanjian global untuk mencegah dan menghadapi pandemi.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Straits Times/El Pais



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19