Kompas TV internasional kompas dunia

30 Badak Putih Afrika Selatan Pindah ke Rwanda Naik Boeing 747

Selasa, 30 November 2021 | 00:30 WIB
30-badak-putih-afrika-selatan-pindah-ke-rwanda-naik-boeing-747
Salah satu badak putih dilepaskan di taman nasional Akagera di Rwanda setelah diterbangkan dengan Boeing 747 dari Afrika Selatan. (Sumber: Gael Ruboneka Vande weghe/African Parks)

TAMAN NASIONAL AKAGERA, KOMPAS.TV - Tiga puluh ekor badak putih yang terancam punah tiba di Rwanda setelah perjalanan panjang dari Afrika Selatan menggunakan Boeing 747. Pemindahan ini disebut sebagai pemindahan tunggal terbesar sebuah spesies sejauh ini.

Badak putih yang beratnya dapat mencapai dua ton, melakukan perjalanan sejauh 3.400 kilometer dari Cagar Alam Swasta Phinda Afrika Selatan sebagai bagian dari program untuk mengisi kembali populasi spesies yang dimusnahkan oleh perburuan liar sejak tahun 1970-an.

Pernah punya populasi berlimpah di Afrika sub-Sahara, badak putih akhirnya habis akibat perburuan oleh pemukim negeri penjajah Eropa, dan kemudian musnah akibat epidemi perburuan dan perdagangan ilegal cula badak.

30 badak putih itu memulai perjalanan 40 jam ke rumah baru mereka di Taman Nasional Akagera di Rwanda timur setelah berbulan-bulan menjalani persiapan, kata African Parks, sebuah badan amal yang dipimpin oleh Pangeran Harry dari Inggris yang terlibat dalam latihan tersebut.

Baca Juga: Badak Putih Selatan Tertua di Dunia Asal Afrika Meninggal di Kebun Binatang Italia

Badak yang dibius dimasukkan ke ruang kargo untuk penerbangan dari Afrika Selatan. (Sumber: Martin Meyer/African Parks)

"Kami harus menenangkan mereka agar tingkat stres mereka berkurang, yang prosesnya juga berisiko, dan memantau mereka," kata CEO Taman Afrika Peter Fearnhead, sambil mengumumkan misi mereka memindahkan badak putih itu berhasil, seperti dilansir France24, Senin (29/11/2021).

Hewan-hewan itu diangkut dengan Boeing 747 sewaan. Setelah tiba di Taman Nasional Akagera, badak-badak itu akan ditempatkan di dua kandang berumput raksasa, masing-masing seukuran stadion sepak bola.

Setelah proses adaptasi dan habituasi, badak-badak tersebut akan dilepas berkeliaran di taman yang luas itu, kata pihak berwenang.

"Ini akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk tumbuh di lingkungan yang aman dibanding di Afrika Selatan, di mana tiga individu badak dibunuh setiap hari oleh pemburu liar," kata Manajer Regional Taman Nasional Akagera Jes Gruner.

Pemindahan satwa liar bukannya tanpa risiko. Pada tahun 2018, empat dari enam badak hitam yang menjalani translokasi berakhir wafat beberapa bulan setelah tiba di Chad.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24/The Guardian



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19