Kompas TV internasional kompas dunia

Belum Move On dari Hasil Pilpres 2020, Donald Trump Tantang Editor Surat Kabar dan Politikus Debat

Selasa, 30 November 2021 | 01:05 WIB
belum-move-on-dari-hasil-pilpres-2020-donald-trump-tantang-editor-surat-kabar-dan-politikus-debat
Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menantang para editor surat kabar dan politikus untuk berdebat tentang klaimnya bahwa telah terjadi banyak kecurangan dalam pemilihan presiden (pilpres) 2020 lalu. (Sumber: AP Photo/Seth Wenig)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menantang para editor surat kabar dan politikus untuk berdebat tentang klaimnya bahwa telah terjadi banyak kecurangan dalam pemilihan presiden (pilpres) 2020 lalu.

Itu disampaikannya dalam sebuah pernyataan tertulis yang dibagikan lewat email pada Minggu (28/11/2021) seperti dilansir Newsweek, Senin (29/11/2021).

Trump menuding “media berita palsu” telah memandang rendah apa yang dia sebut sebagai “hasil sebenarnya” dari Pilpres 2020.

“Saya bersedia menantang kepala-kepala berbagai surat kabar atau bahkan politikus kiri-jauh, yang telah melanggengkan Kebohongan Besar Sejati yaitu ketidakberesan pemilih dan kecurangan dalam skala besar dan menentukan,” kata Trump dalam pernyataan tersebut.

Baca Juga: Perundingan Nuklir Berlanjut, Iran Ogah Ketemu Delegasi AS

Trump mengklaim aksi unjuk rasa pada 6 Januari 2021 lalu dipicu oleh adanya hasil pilpres yang palsu.

“Walaupun aku bersedia melakukannya (berdebat, red), mereka tidak akan mau karena mereka tidak bisa melawan fakta di negara-negara bagian termasuk Wisconsin, Pennsylvania, Michigan, Georgia, Arizona, Nevada, New Hampshire, dan lainnya seperti New Mexico, di mana Menteri Luar Negeri Demokrat mengubah undang-undang pemungutan suara tanpa persetujuan legislatif tepat sebelum pemilu, sehingga membuat kandidat presiden dari Republik mustahil untuk menang,” tukasnya.

“Kalau siapa pun mau berdebat di depan publik tentang fakta-faktanya, bukan fiksinya, tolong beri tahu saya. Ini akan menjadi peningkat rating televisi,” ujar Trump.

Baca Juga: Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik di Laut Putih, Disebut 9 Kali Lipat Kecepatan Suara

Trump mengklaim telah terjadi kecurangan yang meluas pada pilpres 2020. Namun tidak ada bukti yang mendukung klaim tersebut.

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Newsweek



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kapal Tenggelam, 1 ABK Meninggal

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19