Kompas TV olahraga kompas sport

Pemenang Ballon dOr Segera Diumumkan, akankah Messi Lagi?

Kompas.tv - 29 November 2021, 18:59 WIB
pemenang-ballon-dor-segera-diumumkan-akankah-messi-lagi
Lionel Messi saat meraih "Ballon d'Or" 2019. (Sumber: AP)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV - Pemenang Ballon d'Or 2021 akan segera diketahui dalam beberapa jam ke depan. Lionel Messi menjadi kandidat kuat memenangkan penghargaan pesepak bola terbaik dunia versi France Football ini. 

Menurut jadwal, seremoni Ballon d'Or 2021 akan dilangsungkan di Theatre du Chatelet, Paris pada Selasa (30/11/2021) mulai pukul 02.30 dini hari WIB. 

Salah satu kandidat terkuat memenangkan Ballon d'Or 2021 adalah Lionel Messi. Mantan penyerang Barcelona merupakan salah satu pesepak bola dengan performa terbaik selama musim 2020-21. 

Di kancah klub, pemain berjuluk La Pulga berhasil mencetak total 38 gol serta 14 assist dari 47 penampilan. 

Bersama Tim Nasional Argentina, Messi mencetak 10 gol beserta 4 assist dari total 20 penampilan di Kualifikasi Piala Dunia serta Copa America 2020. 

Baca Juga: Lionel Messi Sudah 6 Kali Menang Ballon d'Or, Patrice Evra Muak, Pilih Jagokan Duo Chelsea

Meskipun gagal memberikan gelar Liga Spanyol untuk Barcelona, Messi sukses meraih Copa del Rey. Kans Messi mendapat Ballon d'Or 2021 diperkuat dengan fakta bahwa dirinya mengantarkan Timnas Argentina menjuarai Copa America. 

Apabila mampu menang lagi, Messi akan meraih gelar Ballon d'Or ketujuh kalinya atau menjadi pesepak bola dengan trofi bola emas terbanyak sepanjang sejarah. 

Ada dua nama pesaing terberat Leo Messi. Kedua nama tersebut adalah gelandang Chelsea dan Timnas Italia, Jorginho serta bomber Bayern Munchen asal Polandia, Robert Lewandowski. 

Soal urusan gol dan assist, Jorginho memang tidak memiliki catatan impresif. Tetapi, dirinya sukses membantu Chelsea menjuarai Liga Champions 2020-21 serta berperan penting dalam kemenangan Italia di Euro 2020. 

Baca Juga: Merasa Tak Pantas Memenangkan Ballon d'Or, Jorginho: Jika Bukan Lionel Messi, Itu Skandal!

Sementara itu, Robert Lewandowski memiliki catatan gol yang lebih superior darpada Messi. 

Selama membela Bayern Munchen pada musim 2020-21, Lewandowski berhasil membukukan 48 gol serta 9 assist dari 40 penampilan. 

Catatan tersebut belum menurun. Musim ini, Lewandowski sudah tampil sebanyak 20 kali bersama Bayern Munchen dan telah menorehkan 25 gol serta 2 assist. 

Namun, pemenang Ballon d'Or akan ditentukan lewat pemungutan suara yang melibatkan wartawan olahraga internasional, pelatih dan kapten tim nasional. 

Acara penganugerahan Ballon d'Or 2021 sendiri dapat disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube L'Equipe. 



Sumber : transfermarkt.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x