Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

4 Tanda Liver Bermasalah Beserta Tips Mencegahnya

Kompas.tv - 29 November 2021, 18:54 WIB
4-tanda-liver-bermasalah-beserta-tips-mencegahnya
Ilustrasi. Hati atau liver melakukan banyak hal untuk membuat seseorang tetap sehat, terutama sebagai filter tubuh untuk membersihkan racun. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hati atau liver melakukan banyak hal untuk membuat seseorang tetap sehat, terutama sebagai filter tubuh untuk membersihkan racun.

Ketika seseorang bekerja terlalu keras, banyak menenggak minuman beralkohol, infeksi virus kronis atau makan makanan yang tidak sehat terlalu lama, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Hanya sedikit orang yang tahu kapan liver mereka gagal, kata ahli gastroenterologi Carlos Romero-Marrero, MD. Dan itu bisa membuat seseorang lebih berisiko terkena penyakit serius.

"Orang dengan kegagalan liver lebih mungkin mengembangkan kanker hati," katanya, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

"Tapi, sebagian besar bahkan tidak menyadari apa yang menyebabkan gagal hati, apalagi gejalanya."

Di sini, Dr Romero-Marrero menjelaskan empat tanda paling umum dari kegagalan liver dan kemungkinan pengobatannya. Dia menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami salah satu dari masalah ini:

1. Retensi cairan

Ini adalah tanda penyakit hati yang paling umum, muncul pada 50 persen orang yang menderita sirosis, suatu kondisi di mana jaringan parut menggantikan jaringan hati yang sehat.

Akumulasi cairan dapat menyebabkan distensi di perut Anda atau pembengkakan di kaki Anda.

Baca Juga: Ameer Azzikra Meninggal karena Liver, Ini Penyebab dan Tanda-tandanya

Ini terjadi ketika tekanan darah tinggi berkembang di pembuluh darah hati Anda atau ketika hati Anda tidak dapat membuat albumin, protein yang mencegah kebocoran dari aliran darah Anda ke jaringan.

Pilihan pengobatan: Diet rendah sodium dapat membantu meringankan retensi cairan ringan. Untuk retensi sedang hingga berat, dokter Anda mungkin meresepkan diuretik, umumnya dikenal sebagai "pil air."

Kasus yang parah sering membutuhkan paracentesis, menggunakan jarum untuk mengalirkan cairan perut, kata Dr Romero-Marrero.

2. Penyakit kuning

Kondisi ini menyebabkan urine berwarna lebih gelap dan warna kekuningan pada kulit atau bagian putih mata Anda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x