Kompas TV regional berita daerah

Hijaukan Bumi Dengan Penanaman Bibit Pohon

Kompas.tv - 29 November 2021, 16:45 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Serdadu Sadulur Sukabumi dan G-W-K menggandeng Dinas Kehutanan dan Komunitas Hupea, melakukan penanaman bibit pohon yang lokasinya berdekatan dengan warga Masyarakat. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan di tengah pemanasan global. Selain itu, sebagai upaya preventif dari bencana alam longsor dan banjir.
Apalagi Sukabumi akhir-akhir ini bencana banjir dan longsor kerap terjadi. Meski tidak memakan korban jiwa, namun dikhawatirkan kerugian materil akan terus bertambah.

Menurut Ketua Serdadu Sadulur Sukabumi, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Keluarga Besar Serdadu Sadulur Sukabumi untuk menghijaukan kembali Kota maupun Kabupaten Sukabumi. Dengan menggandeng Dinas Kehutanan Kota maupun Kabupaten Sukabumi bisa rimbun kembali. Terutama ditanam dilahan-lahan kritis seperti di bantaran sungai.

Dinas Kehutanan wilayah tiga, Asep Jaelani mengungkapkan, program penanaman pohon provinsi jawa barat, menargetkan lima puluh juta pohon. Dan Sukabumi sendiri sebanyak dua belas juta pohon. Ini rekor dibanding Kota Kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Komunitas Hupea, subarkah berharap, penanaman pohon ini diharapkan mengurangi pemanasan global. Dan saat ini di tiga ratus tiga puluh desa diprogramkan bagi warga agar menanam pohon, terutama pohon buah-buahan. Selain dapat menjaga penyerapan air, juga buahnya bisa dimanfaatkan.,



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x