Kompas TV video sinau

Kenapa Masker Katup Tak Efektif Cegah Covid-19? Ini Alasannya

Kompas.tv - 29 November 2021, 18:05 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Munculnya Covid-19 varian Omicron (B.1.1.529) memicu kekhawatiran dan menjadi ancaman baru karena disebut bisa menular lebih cepat.

Memakai masker masih menjadi langkah efektif untuk mencegah penyebaran virus. Namun, beberapa jenis masker dianjurkan untuk tidak digunakan, salah satunya adalah masker katup.

Pasien pertama yang terpapar varian Omicron disebut menyebarkan virus karena memakai masker katup, yaitu masker dengan katup pernapasan satu arah pada bagian depan. Masker katup awalnya ditujukan untuk pekerja industri, agar para pekerja bisa bernapas lebih mudah di pabrik.

Selain itu, katup pada bagian depan masker juga dapat mengurangi panas dan lembap di dalam masker, sehingga lebih nyaman dipakai dalam waktu lama.

Meski begitu, CDC dan WHO tidak merekomendasikan masker katup untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari karena katup pada masker membuat aliran udara bisa dengan mudah keluar dan masuk.

Masker katup mampu menyaring debu, polusi, dan partikel kecil lainnya. Namun, masker katup atau ventilasi tidak bisa menyaring hembusan napas dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh agar Anak Tetap Mengenakan Masker di Luar Rumah

Selain itu, peneliti menemukan bahwa droplet dapat melewati dan menembus katup tanpa filter, sehingga berpotensi menyebarkan virus ketika mengembuskan napas.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum usai, CDC merekomendasikan jenis masker yang dapat digunakan masyarakat umum untuk mencegah penyebaran virus ketika beraktivitas sehari-hari.

Di antaranya adalah masker medis atau masker bedah yang menutupi hidung, mulut dan dagu. Selain itu, disarankan juga untuk menyilangkan tali masker agar lebih rapat menutupi saluran pernapasan.

Masker ganda atau masker medis yang digunakan rangkap dengan masker kain juga direkmendasikan karena diyakini dapat memblokir virus lebih baik. Disarankan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali, atau ketika masker sudah kotor, basah, atau rusak.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.