Kompas TV regional berita daerah

Istimewa, Es Sambal Pecel Lengkap dengan Karak

Kompas.tv - 29 November 2021, 15:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pecel colada, es unik dan khas Indonesia ini membuat orang tercengang saat mengetahui sambal pecel sebagai bahan campuran minuman. Sambal berbahan kacang tanah, cabai, dan daun jeruk ini lazimnya digunakan dalam makanan. Namun oleh peracik minuman di hotel ini ternyata bisa diolah menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

Untuk menghasilkan rasa yang nikmat, tentunya minuman ini diracik dengan bahan lainnya  seperti sirup hazelnut, santan segar dan lainnya, kemudian dihaluskan bersama es batu. Minuman ini kemudian disajikan dengan kerupuk  nasi atau karak diatasnya. Karak bukan hanya sebagai penghias namun untuk dimakan bersama dengan minuman pecel colada.

"Menurut saya rasa itu sangat unik ya, karena rasanya itu ada rasa kacangnya,terus manisnya ada, asinnya ada, pedesnya juga ada krimi juga gitu. dan di topingnya itu ada karak, itu sangat nyambung menurut saya," kata Susi Yuliana, pengunjung.

Pecel colada ini terinspirasi dari pina colada, minuman berbahan jus nanas dan krim kelapa. Namun bahan tersebut diganti dengan sambal pecel, sirup hazelnut dan santan segar. Sang peracik memilih sambal pecel karena memiliki cita rasa yang unik.

Minuman unik ini dijual dengan harga Rp 25  ribu per gelasnya. Bagi penikmat kuliner, pecel colada ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan.

#pecelcolada #solo #esunik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x