Kompas TV regional berita daerah

Bayi Beruang Madu Lahir Alami di Taman Wisata Lembah Hijau

Senin, 29 November 2021 | 15:18 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Taman Wisata Lembaga Konservasi Lembah Hijau, Kota Bandar lampung menyambut gembira atas kelahiran seekor bayi beruang madu, Rabu (17/11/2021) lalu.

Kelahiran bayi beruang madu atau dengan nama latin Helarctos Malayanus ini merupakan hasil perkawinan secara alami dari indukan betina berumur tujuh tahun dan pejantan bernama Jambrong berumur lima tahun.

Baca Juga: Kemunculan Beruang Madu di Perkebunan dan Permukiman Warga

Beruang madu sendiri adalah salah satu satwa dilindungi sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Saat ditemui, Irwan Nasution Pemilik/Komisaris Lembaga Konservasi Lembah Hijau mengatakan bahwa kelahiran beruang madu baru kali pertama terjadi di Lembah Hijau.

“Ini merupakan perkawinan pertama beruang madu di tempat kami. Mudah-mudahan ini dapat menambah koleksi serta populasi bagi beruang madu yang ada,” kata Irwan.

“Kami juga masih menunggu kelahiran satwa lainnya yang diharapkan dapat membantu kelestarian satwa dilindungi,” imbuhnya.

Baca Juga: Dengan Biaya Seadanya, Warga Rawat Kucing Liar yang Sakit

Sementara, Hifzon Zawahiri Kepala Seksi SKW III Lampung BKSDA Bengkulu mengatakan bahwa secara bertahap perkembangan bayi beruang madu akan terus dipantau oleh Tim Konservasi Wilayah (SKW) III Lampung BKSDA Bengkulu.

“Ini adalah kabar bahagia sekaligus kesuksesan untuk melakukan konservasi satwa. Untuk ke depan, kami akan pantau kondisi serta perkembangan dari bayi beruang madu ini,” ujarnya.

Baca Juga: Sulap Septic Tank Jadi Taman Baca Bermain Anak

Saat ini bayi beruang madu dalam kondisi sehat dan masih belum bisa dipertontonkan kepada masyarakat atau pengunjung. Hal ini lantaran masih dalam pengawasan dan perawatan dari tim dokter hewan Lembah Hijau.

#bayiberuangmadu #satwadilindungi #lembahhijau

Penulis : Kompastv Lampung

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19