Kompas TV regional budaya

Seorang Ayah dan Anak Hasilkan Karya Lewat Seni Lukis Bakar

Senin, 29 November 2021 | 16:20 WIB

KOMPAS.TV – Pirografi atau seni lukis bakar kini jadi daya tarik baru bagi pecinta lukisan.

Di Palembang, Sumatera Selatan seorang ayah dan anak menghasilkan beragam karya lewat seni lukis bakar.

Melukis lazimnya dilakukan pada media kanvas dengan menggunakan cat dan kuas. Namun ada teknik lukis yang sudah lama ada, tapi belum banyak dikenal yakni pirografi atau seni lukis bakar.

Baca Juga: Cuan Besar! Seorang Pria Beli Lukisan Seharga Rp428.000, Ternyata Harga Sesungguhnya Rp713 Miliar

Pirografi menggunakan media kayu sebagai pengganti kanvas dan panas dari solder yang dimodifikasi sebagai pengganti kuas.

Di Palembang, seni lukis bakar tengah dilakoni Ahmad Muhajir bersama putrinya Taufiq Qurahmah sejak tiga tahun terakhir.

Muhajir memanfaatkan media papan kayu limbah yang sudah tak digunakan berjenis triplek maupun kayu jati Belanda.

Papan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, tahap selanjutnya ialah pembuatan sketsa.  

Sketsa yang telah dicetak terbalik ditempelkan pada papan lalu digosok dengan bensin, setelah digosok secara merata sketsa kasar pun tercetak pada papan.

Selanjutnya dimulailah proses pelukisan menggunakan solder listrik yang ujungnya telah dimodifikasi, solder panas digoreskan pada papan mengikuti sketsa yang telah ada.

Bermula dari hobi mengisi waktu luang, pembuatan lukis bakar kini menjadi tumpuan usaha bagi keluarga Muhajir.

Rupa yang unik dan tak biasa, lukisan pirografi kini mulai dilirik. Pesanan pelanggan biasanya berupa sketsa dari foto wisuda atau foto keluarga.

Pirografi bisa jadi pilihan untuk menghias dinding rumah dan kafe bahkan kado pernikahan.

Lukisan pirografi dari bengkel Muhajir dijual mulai dari Rp 50 ribu untuk ukuran A4 dan Rp 100 ribu ukuran A3.

Harganya dua kali lipat bila menggunakan bahan jati Belanda, namun hal itu sepadan dengan keindahan sebuah karya seni.

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19