Kompas TV regional berita daerah

Menakjubkan, Indahnya Keris Pangeran Diponegoro

Kompas.tv - 29 November 2021, 15:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Bisa menikmati keindahan keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro menjadi pengalaman yang luar biasa. Karena keris yang sempat hilang ratusan tahun ini keindahannya bisa dilihat secara langsung oleh khalayak umum.

Di ruangan khusus inilah Kanjeng Kiai Nogo Siluman dipamerkan. Di dalam kotak kaca bersama sarung kerisnya, Kanjeng Kiai Nogo Siluman tertata rapih di museum keris di Solo, Jawa Tengah. Keris yang sempat hilang selama ratusan tahun dan berada di belanda ini akhirnya keindahannya bisa dinikmati oleh warga.

Keris Kanjeng Kiai Siluman ini baru pertama kali keluar dari museum nasional sejak diserahkan kepada Pemerintah Indonesia dari Pemerintah Belanda dan dipamerkan di Museum Nusantara Solo dalam rangka Pekan Keris Indonesian Keris For The World 2021.

Salah satu pusaka milik Pangeran Diponegoro ini sempat hilang selama 150 tahun. Saat perjuangan, keris ini diberikan kepada Kolonel Jan-Baptis Cleerens, seorang perwira belanda. Keris yang merupakan benda keempat milik Pangeran Diponegoro ini selanjutnya akan disimpan kembali di museum nasional. Dan keris ini adalah saksi sejarah yang tak ternilai harganya.

Keris Pangeran Diponegoro ini memiliki 11 luk dengan gandik berbentuk kepala naga. Terdapat badan naga memanjang mengikuti bilah warangka berbentuk ladrang atau branggah.

Ukiran, pamor dan kisah menarik yang mewarnai perjalanannya, membuat keris Kanjeng Kiai Nogo Siluman menjadi sebuah pusaka berharga. Keris ini menunjukkan pada dunia, betapa bangsa Indonesia memiliki pusaka warisan dunia yang luar biasa.

#pangerandiponegoro #keriskanjengkiainogosiluman #museumkeris

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x