Kompas TV regional peristiwa

Usai Sambangi Siswi SD Korban Kekerasan Seksual di Kota Malang, Mensos Risma Tak Bersuara

Senin, 29 November 2021 | 10:11 WIB
usai-sambangi-siswi-sd-korban-kekerasan-seksual-di-kota-malang-mensos-risma-tak-bersuara
Ilustrasi - siswi SD korban kekerasan seksual dan penganiayaan di Kota Malang. (Sumber: Antara/Pexels)

BATU, KOMPAS.TV – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambangi siswi SD korban kekerasan seksual dan penganiayaan di Kota Malang yang saat ini tengah menjalani pemulihan di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) ”Bima Sakti” milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Kota Batu.

Melansir dari Kompas.id, Risma tiba di Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (PPSPA) sekitar pukul 20.35 pada hari Minggu (28/11/2021).

Risma kemudian bertemu korban secara tertutup di Ruang Assessment Pelita Hati selama sekitar 25 menit dan keluar meninggalkan lokasi pukul 21.03. Tidak ada satu patah kata pun yang disampaikan Risma ke wartawan.

Adapun, Kepala Subdirektorat Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus, Direktorat Anak, Kementerian Sosial (Kemensos) MK Agung Suhartoyo mengatakan, sejauh ini perkembangan korban terus membaik selama berada di PPSPA.

”Ini tadi Ibu (Risma) telah menyerahkan setidaknya oleh-oleh untuk korban, untuk menyemangati, memberi support, dan lain sebagainya,” ujarnya menerangkan.

Pihaknya juga berusaha memastikan bahwa kepentingan terbaik bagi sang anak bisa terwujud. Oleh karena itu, korban langsung dibawa ke tempat aman di PPSPA dengan ditemani keluarganya.

Baca Juga: Anak-Anak Rentan Jadi Pelaku Kekerasan Seksual, Ini Penyebabnya Kata KPAI

Terkait hal ini, Agung menyampaikan, Kemensos menaruh perhatian penuh pada kasus ini. Kemensos juga mempunyai tanggung jawab agar anak tersebut bisa kembali normal, apakah melalui rehabilitasi ataupun bentuk lain.

Dengan demikian, harapannya yang bersangkutan bisa kembali normal dan diterima masyarakat, bisa belajar dan tumbuh kembang dengan baik.

Kepala UPT PPSPA Yusmanu menjelaskan lebih lanjut, korban mulai bisa tersenyum karena di shelter ada ibu, adik, dan ayah sambungnya. Tim psikologi setempat juga memberikan layanan penyembuhan trauma.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19