Kompas TV internasional kompas dunia

Dokter Afrika Selatan: Suspek Covid-19 Varian Omicron Hanya Tunjukkan Gejala Ringan

Minggu, 28 November 2021 | 22:08 WIB
dokter-afrika-selatan-suspek-covid-19-varian-omicron-hanya-tunjukkan-gejala-ringan
WHO menyatakan varian Omicron sebagai variant of concern, berbagai negara memberlakukan pengetatan perbatasan, dan seorang dokter di Afrika Selatan yang merawat pasien Covid-19 beberapa hari terakhir mengatakan pasiennya hanya menderita gejala ringan. (Sumber: Straits Times via AFP)

PRETORIA, KOMPAS.TV - Salah seorang dokter Afrika Selatan yang membunyikan alarm atas varian Omicron Covid-19 mengatakan pada hari Minggu (28/11/2021), puluhan pasien yang dia rawat dan diduga kuat terinfeksi varian baru Omicron hanya menunjukkan gejala ringan dan pulih sepenuhnya tanpa rawat inap.  

Dr Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan mengatakan kepada AFP seperti dikutip Straits Times, Minggu (28/11/2021), dirinya merawat sekitar 30 pasien positif Covid-19 selama 10 hari terakhir namun memiliki gejala yang tidak biasa.

Dr Coetzee pada 18 November memperingatkan pejabat kesehatan Afrika Selatan tentang "gambaran klinis yang tidak sesuai dengan (gejala) varian Delta" yang dominan Afrika Selatan, saat dia menerima tujuh dari 30-an pasiennya.

"Apa yang membawa mereka ke tempat perawatan ini adalah rasa kelelahan yang luar biasa," kata Dr Coetzee dari Pretoria, tempat dia bertugas sebagai dokter.

Dia mengatakan gejala tersebut tidak lazim untuk pasien yang lebih muda. Sebagian besar adalah pria berusia di bawah 40 tahun dan hanya kurang dari setengahnya yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Mereka hanya mengalami nyeri otot ringan, "tenggorokan gatal" dan batuk kering, dan hanya beberapa yang memiliki suhu agak tinggi.

Gejala yang sangat ringan ini berbeda dengan varian lain, yang biasanya memberikan gejala yang lebih parah.

Dia mengatakan para ilmuwan Afrika Selatan saat itu sudah mengetahui varian baru yang mereka umumkan pada 25 November, saat itu dikenal sebagai varian B.1.1.529.

Baca Juga: Tak Hanya Lewatkan 2 Alfabet Yunani, WHO Rela Beri Nama Varian Omicron agar Tak Tersangkut Hal Ini

Antrean penumpang ke penerbangan Air France ke Paris, Prancis di Bandara OR Tambo, Johannesburg, Afrika Selatan pada Jumat (26/11/2021). Banyak negara memberlakukan larangan bepergian ke Afrika Selatan menyusul munculnya varian Omicron. (Sumber: Jerome Delay/Associated Press)

Berita temuan varian baru itu memicu kepanikan yang lantas menyebar ke seluruh dunia, termasuk larangan berbagai negara atas kedatangan internasional dari Afrika Selatan dan negara-negara sekitarnya untuk menahan penyebaran varian Omicron. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Straits Times/AFP



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sosialisasi Vaksinasi Anak

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19