Kompas TV nasional kesehatan

Tipe Jerawat yang Sulit Untuk Ditangani PART 2 | AYO SEHAT

Kompas.tv - 28 November 2021, 20:45 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membahas mengenai permasalahan jerawat, jerawat terbagi dalam tiga klasifikasi. Mulai dari jerawat kecil disebut komedo, yang terbentuk karena penyumbatan pori-pori, sehingga membesar dan berubah menjadi hitam karena tercampur udara.

Komedo tidak begitu kelihatan, dan tidak sakit, namun hanya terasa jika diraba.

Berikutnya adalah jerawat sedang, yang lebih mudah dilihat karena berbentuk tonjolan kecil kemerah-merahan. Jerawat ini tumbuh karena pori-pori kulit muka tersumbat kotoran sehingga kulit terinfeksi bakteri.

Dan ada juga jerawat batu, yang mempunyai ukuran cukup besar dengan tonjolan yang meradang merah hampir ke seluruh bagian wajah. Jerawat jenis ini biasanya paling mengganggu pikiran, dan sering kali meninggalkan bekas di wajah.

Kondisi jerawat sedang dan jerawat  yang berat perlu untuk konsultasi atau berobat ke dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Tipe Jerawat Yang Sulit Untuk Ditangani PART 1 | AYO SEHAT

Ada satu tipe jerawat yang sangat sulit untuk ditangani yakni Acne Conglobata.

Acne Conglobata berupa nodul merah yang meradang dengan ukuran yang besar, dapat muncul diwajah dagu hingga leher dan juga sering timbul di dada serta punggung.

Acne yang sudah serius atau bisa dibilang berat, bahkan yang sudah termasuk infeksi dan sudah meradang, biasanya komplikasi yang timbul yakni pertama adalah adanya scar atau bopeng-bopeng.

Komplikasi yang kedua yaitu warna yang tidak sama atau tidak merata.

Seperti misalnya muka yang berjerawat seringkali terlihat bekas berwarna hitam pada jerawat yang sudah tidak meradang.

Maka dari itu, dengan adanya bopeng-bopeng bekas jerawat akan mempersulit penanganan pada pasien berjerawat, kemudian dapat menurunkan kepercayaan diri pasien, bahkan sampai minder dan depresi.

Baca Juga: Apa Sih Faktor yang Membuat Jerawat Timbul? Simak Informasi Berikut | AYO SEHAT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x