Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

10 Tips untuk Membantu Anak Atasi Dampak Perceraian Orang Tua

Kompas.tv - 28 November 2021, 19:19 WIB
10-tips-untuk-membantu-anak-atasi-dampak-perceraian-orang-tua
ilustrasi. Perceraian dapat memengaruhi dan berdampak kehidupan anak pada usia berapa pun mereka mengalaminya. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS. TV - Perceraian dapat mengakhiri hubungan yang tidak bahagia dan tidak sehat, dan pada akhirnya, dapat menjadi solusi terbaik bagi keluarga.

Tetapi, perceraian dapat memengaruhi dan berdampak kehidupan anak pada usia berapa pun mereka mengalaminya.

Dokter anak Heather Sever, DO, mengatakan bahwa perceraian dan perpisahan dapat berdampak pada anak-anak pada usia berapa pun.

“Ketika orang tua mengalami masa-masa sulit, anak-anak merasakan itu, berapa pun usia mereka. Jadi, meskipun anak-anak dapat mengekspresikan stres mereka dengan cara yang berbeda pada usia yang berbeda, penting bagi orang tua untuk bersikap seterbuka dan sejujur mungkin, bahkan dengan situasi yang sulit,” katanya, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Untuk membimbing anak melalui peristiwa besar dalam hidup ini, orang tua harus terlebih dahulu memahami perasaan anak. Kemudian, melengkapi diri dengan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Dr. Sever berbagi tips mengenai perceraian terhadap perkembangan anak.

Baca Juga: Gara-Gara Pandemi, Angka Perceraian di Garut Tinggi

Bagi anak-anak, perceraian mungkin merupakan pengalaman yang sangat traumatis dan luar biasa. Beberapa anak menyalahkan diri mereka sendiri atas putusnya perkawinan dan mengalami perasaan bersalah.

Orang lain mungkin bertingkah, atau prestasi akademik mungkin menurun. Ketika seorang anak mengalami konflik, itu menciptakan kecemasan dan disonansi kognitif di dalam diri mereka.

Dampak itu berbeda pada masing-masing usia anak, mereka mungkin mengalami kebingungan (umum pada anak kecil), kemarahan (umum pada remaja), khawatir dan rasa bersalah. Setiap situasi adalah unik.

“Kabar baiknya bagi orang tua adalah mungkin untuk mengurangi efek psikologis ini,” kata Dr Sever.

Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak mengatasi masa sulit ini:

1. Tetap terlibat dalam kehidupan anak

Ketika Anda tidak berinvestasi atau tidak meluangkan waktu untuk anak Anda, mereka merasa tidak penting.

Anak Anda ingin kedua orang tuanya menjadi bagian dari hidupnya. Pastikan anak Anda tahu betapa Anda mencintai mereka.

Luangkan waktu dalam jadwal Anda untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan atau menghabiskan waktu pribadi yang berkualitas.

2. Bekerja keras untuk menjadi orang tua bersama

Ketika Anda bertengkar, terutama tentang seorang anak, mereka akan menyalahkan diri mereka sendiri dan berpikir bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang salah. Ini mengarah pada perasaan bersalah atau depresi.

Cobalah untuk menjauhkan anak Anda dari pertengkaran dengan mendiskusikan hal-hal ketika mereka tidak hadir. Diskusikan hal-hal secara langsung dengan orang tua lain alih-alih menyampaikan informasi melalui anak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x