Kompas TV entertainment film

Hayao Miyazaki Kembali Berkarya, Sudah Siapkan Proyek Film dengan Studio Ghibli

Kompas.tv - 28 November 2021, 19:06 WIB
hayao-miyazaki-kembali-berkarya-sudah-siapkan-proyek-film-dengan-studio-ghibli
Hayao Miyazaki merupakan seorang animator terkenal asal Jepang yang juga menjadi salah satu pendiri Studio Ghibli. (Sumber: Studio Ghibli/IMDb)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Animator asal Jepang yang juga merupakan salah satu pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, memutuskan kembali berkarya setelah sempat menyatakan pensiun.

Dalam wawancaranya dengan New York Times, Hayao bahkan telah memberikan konfirmasi langsung terkait keputusan tersebut.

Pelaku film dari Negeri Sakura itu pun mengaku telah memiliki rencana untuk membuat sebuah proyek baru yang bertajuk 'How Do You Live?'.

Tema dari film panjang tersebut seakan menjadi cerminan motivasi Hayao untuk kembali membuat film, sebagaimana yang disampaikan oleh putranya sendiri, Goro Miyazaki.

Baca Juga: Taman Studio Ghibli akan Dirikan Kastil Asli Film Howl's Moving Castle

"Pada dasarnya, (ayah saya) perlu menciptakan sesuatu untuk tetap hidup," ujar Goro, menekankan bahwa Hayao memang punya kemauan tersendiri untuk kembali berkarya.

Lebih lanjut, terkait proyek film 'How Do You Live?' yang belum dijelaskan secara detail, ternyata ceritanya bakal didasarkan pada novel dengan judul serupa karya Genzaburo Yoshino tahun 1937.

Produser Studio Ghibli Toshio Suzuki mengungkapkan, film tersebut akan menjadi karya fantasi dalam skala besar dengan berbagai macam karakter, termasuk yang bukan manusia.

Menurut novelnya, 'How Do You Live?' berkisah tentang seorang anak muda bernama Junichi Honda yang kerap disapa Koperu.

Koperu tinggal bersama pamannya yang mengalami perubahan spiritual sehingga mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap mereka berdua.

"Di (dunia perfilman) Barat, kita selalu perlu tahu bagaimana akhir (ceritanya). Namun, di Ghibli, adegan terakhir seringkali (masih) menjadi misteri," tutur Suzuki.

Baca Juga: Keren! Sherina Munaf Akan Menyanyikan Soundtrack di Film Animasi Terbaru Studio Ghibli

Namun, para penggemar film-film Studio Ghibli mesti lebih bersabar dalam menunggu penayangan 'How Do You Live?' karena waktu rilisnya belum ditentukan hingga saat ini.

Pihak Studio Ghibli hanya dapat memastikan bahwa setidaknya 'How Do You Live?' bakal dirilis dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Sebagai informasi, Hayao sebelumnya sempat mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 2013 silam.

Salah satu karya terkenal Hayao adalah 'My Neighbor Totoro' yang dicintai banyak penggemar hingga film animasi ternama 'Princess Mononoke'.



Sumber : Kompas TV/New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x