Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tidak Pede karena Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.tv - 28 November 2021, 17:31 WIB
tidak-pede-karena-bau-mulut-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya
Ilustrasi. Bau mulut atau napas berbau sering kali mengganggu pergaulan seseorang. Selain mengganggu lawan bicara, juga menganggu diri sendiri. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Bau mulut atau napas berbau sering kali mengganggu pergaulan seseorang. Selain mengganggu lawan bicara, juga menganggu diri sendiri karena menyebabkan rasa tidak percaya diri.

Ahli kesehatan gigi, Tenika Patterson, menjawab pertanyaan mengenai penyebab bau mulut atau napas berbau, dan tips untuk mengatasinya.

Patterson mengatakan, bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari diet hingga kesehatan mulut yang buruk.

“Bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, termasuk diet, gastroesophageal reflux (GERD) dan kebersihan mulut yang buruk,” jelasnya seperti dilansir Cleveland Clinic.

Baca Juga: Sekam Padi Ternyata Bisa Bantu Deteksi Diagnosis Kanker Mulut

Meskipun GERD adalah masalah kesehatan yang terkait dengan masalah pernapasan, Anda harus menemui dokter jika Anda menduga itu adalah penyebab bau mulut Anda.

Dia menambahkan, memperhatikan kebersihan mulut sering kali dapat mengatasi masalah bau mulut tersebut.

“Lebih sering, perbaikan dalam kebersihan mulut dapat mengatasi masalah bau mulut. Hal terbaik Anda adalah menggunakan benang gigi sekali sehari,” lanjutnya.

“Sikat dua sampai tiga kali sehari selama dua sampai tiga menit dan bilas dengan bilas yang melawan bakteri.”

Mengenakan gigi palsu juga dapat menjadi penyebab lain dari bau mulut. Sebab terkadang makanan yang terperangkap di bawahnya dapat memicu bau mulut.

“Jika Anda memakai gigi palsu, perlu diingat bahwa makanan yang terperangkap di bawah gigi palsu yang tidak pas dapat menyebabkan bau mulut,” kata dia.

Baca Juga: Penting! Ini Cara Jaga Kesehatan Mulut Selama Corona

Gigi palsu yang tidak dilepas setiap hari dan dibersihkan juga memicu munculnya bau mulut.

“Tidak melepas dan membersihkan gigi palsu setiap hari.”

Sebagian orang mencoba mengatasi bau mulut dengan mengunyah permen mint atau hal lain yang semacamnya.

Menurut Patterson, upaya tersebut hanya dapat menutupi atau menyamarkan bau mulut untuk sementara.

“Ingat! Breath mints hanya untuk menutup-nutupi jika ada masalah nyata. Seringnya, bau mulut adalah masalah kebersihan dan Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x