Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! Ibu-ibu PKK Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun Cuci

Kompas.tv - 28 November 2021, 17:00 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Minyak goreng bekas atau minyak jelantah yang dibuang sembarangan dapat menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan.

Atas rasa kekhawatiran itulah, sekelompok ibu yang tergabung dalam PKK Kelurahan Susunan Baru, Bandar Lampung, mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci khusus pakaian.

Berbekal alat dan bahan sederhana minyak jelantah yang dikumpulkan dari setiap kader TP PKK ini kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti air, pewangi pakaian, pewarna makanan, serta soda api yang diaduk rata hingga mengental dan langsung dicetak sesuai bentuk keinginan.

Baca Juga: Hari Guru Nasional, Pemkot Bandar Lampung akan Beri Beasiswa pada Guru

Inovasi pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci pakaian ini menjadi produk unggulan kelurahan berprestasi dan mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota dan Provinsi Lampung, yang dinilai mampu mengatasi permasalahan limbah minyak jelantah dan berdampak baik pada lingkungan.

Meski saat ini sabun cuci pakaian dari minyak jelantah masih digunakan bagi para kader PKK Susunan Baru, namun ke depan diharapakan adanya upaya pemerintah Kota Bandar Lampung untuk membantu proses pendistribusian yang lebih luas yang menjangkau masyakarat lainya.

Sehingga sabun cuci pakaian dari minyak jelantah ini bisa menjadi produk unggulan yang ramah lingkungan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x