Kompas TV regional peristiwa

1 Orang Meninggal dan 2 Lainnya Dirujuk ke Rumah Sakit akibat Longsor di Kabupaten Bandung

Kompas.tv - 28 November 2021, 16:26 WIB
1-orang-meninggal-dan-2-lainnya-dirujuk-ke-rumah-sakit-akibat-longsor-di-kabupaten-bandung
Seorang warga Kabupaten Bandung meninggal dunia dan dua lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat tanah longsor yang terjadi di daerah itu. (Sumber: BPBD Kabupaten Bandung/BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV – Seorang warga Kabupaten Bandung meninggal dunia dan dua lainnya dilarikan ke rumah sakit akibat tanah longsor yang terjadi di daerah itu.

Dalam keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (28/11/2021), disebutkan bahwa peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada Sabtu (27/11/2021).

“Dua warga dilaporkan selamat dari peristiwa tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Baca Juga: Satu Keluarga Terimbun Material Longsor di Bandung, Sang Anak Meninggal Dunia

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyampaikan terdapat satu orang meninggal dunia dan dua warga tersebut mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan di RS Soreang.”

Dia menegaskan, peristiwa ini  terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Sabtu (27/11) pukul 13.00 WIB.

Struktur tanah yang labil menyebabkan longsor terjadi pada malam harinya.

“Dikarenakan struktur tanah yang labil, mengakibatkan tanah longsor pada malam harinya sekitar pukul 21.15 WIB,” lanjutnya.

Peristiwa tanah longsor ini menimpa rumah warga di Desa Cukang Genteng di Kecamatan Pasir Jambu.

Selain ketiga korban tersebut, terdapat satu rumah warga yang dilaporkan rusak berat akibat tertimpa material longsor.

“BPBD Kabupaten Bandung bersama tim gabungan seperti unsur TNI/POLRI, Pramuka Peduli, PMI, Tksk Dinsos, RAPI, dan masyarakat setempat memberikan penanganan darurat seperti pemberian logistik bagi warga terdampak.”

Proses pencarian dihentikan setelah diinformasikan tidak ada warga dinyatakan hilang.

Baca Juga: Korban Tanah Longsor di Ponorogo Berharap Relokasi Segera Dilakukan

Dia melanjutkan, berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengenai potensi pergerakan tanah di wilayah Kabupaten Bandung khususnya Kecamatan Pasar Jambu, untuk bulan November tingkat potensi dengan kategori menengah hingga tinggi.

“BNPB menghimbau untuk para masyarakat untuk tidak bermukim di bawah lereng bukit.”

Untuk mengikat struktur tanah sekaligus mengantisipasi ancaman tanah longsor, diperlukan mitigasi berbasis vegetasi dengan menanam tanaman seperti akar wangi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.