Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Jerman Pastikan Virus Corona Varian Omicron Sudah Masuk Negaranya

Kompas.tv - 28 November 2021, 11:02 WIB
pemerintah-jerman-pastikan-virus-corona-varian-omicron-sudah-masuk-negaranya
Petugas mendorong pasien Covid-19 masuk ke pesawat angkatan udara di Memmingen, Bayern, Jerman pada Jumat (26/11/2021). (Sumber: Peter Kneffel/DPA via Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BERLIN, KOMPAS.TV - Pemerintah Jerman memastikan bahwa virus corona varian baru bernama Omicron, dengan silsilah ilmiah B.1.1.529 sudah terdeteksi di Jerman.

Aparat kesehatan negara bagian Bavarian memastikan dua orang terinfeksi Covid-19 varian Omicron setelah kembali dari perjalanan ke Afrika Selatan minggu lalu, seperti dilansir Straits Times, Minggu (28/11/2021).

Kedua warga Jerman yang dipastikan terinfeksi varian Omicron adalah pasangan pelancong suami-istri yang tiba dengan penerbangan pada Selasa (23/11/2021), dinyatakan positif terkena virus corona, kata Menteri Kesehatan Bavaria Klaus Holetschek dalam wawancara televisi publik pada Jumat, (26/11/2021). 

Beberapa jam kemudian, kementeriannya memastikan pengurutan genom cepat telah menentukan pasangan itu terinfeksi varian baru.

Selain keduanya, setidaknya satu orang yang kembali dari Afrika Selatan diduga kuat terinfeksi varian Omicron di negara bagian Hesse, di Jerman tengah. 

Berita itu memicu kekhawatiran baru saat Jerman sudah berjibaku menghalau brutalnya gelombang infeksi keempat,  yang telah menghasilkan puluhan ribu kasus baru setiap hari, lebih banyak daripada yang dicatat Jerman pada titik mana pun dalam pandemi.

Baca Juga: Penasehat Gedung Putih: Varian Baru Covid-19 Omicron Kemungkinan Sudah Ada di AS

Petugas mendorong pasien Covid-19 masuk ke pesawat angkatan udara di Memmingen, Bayern, Jerman pada Jumat (26/11/2021). (Sumber: Peter Kneffel/DPA via Associated Press)

Rumah sakit di seluruh Jerman saat ini makin kewalahan untuk mengakomodasi lonjakan pasien Covid-19.

"Kita harus memecahkan gelombang Delta sekarang secara bersama-sama untuk dapat memiliki ruang bernapas," kata Profesor Oliver Keppler, pakar virus yang bertanggung jawab untuk mengurutkan kasus-kasus baru di Bavaria.

Jerman adalah salah satu dari beberapa negara Eropa dengan kasus yang dicurigai atau dikonfirmasi dari varian baru.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x