Kompas TV nasional kesehatan

Tingkat Penularan Tinggi, WHO: Varian Baru Covid-19 Omicron Perlu Diwaspadai!

Kompas.tv - 28 November 2021, 07:28 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru saja mengidentifikasi varian baru covid-19 dari Afrika Selatan. Varian covid-19 ini diberi nama Omicron. WHO pun menetapkan varian ini perlu diwaspadai, karena tingkat penularan yang tinggi.

Omicron merupakan varian baru covid-19 dan dikategorikan WHO sebagai varian yang menjadi perhatian, karena menurunkan efektivitas vaksin. Selain itu varian ini juga memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Di Afrika Selatan varian Omicron membuat lonjakan kasus covid-19 naik signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: WHO Sebut Varian Baru Covid-19 Asal Afrika Selatan Mengkhawatirkan, Dinamai Omicron

Menanggapi varian baru covid-19 Omicron asal Afrika Selatan, Kementerian Kesehatan menyatakan akan memperketat aturan karantina dan perjalanan dari dan menuju negara-negara Afrika.

Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit menular Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menyebut Indonesia akan lebih waspada dengan varian baru Omicron, agar tidak terulang seperti kasus varian Delta. Aturan karantina bagi WNA dan WNI yang berasal dari Afrika pun akan diperketat.

Selain itu Kementerian Kesehatan akan terus melakukan pengawasan terkait perkembangan virus corona varian Omicron ini. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.