Kompas TV regional peristiwa

Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Jembatan dan Rumah Warga di Garut

Kompas.tv - 27 November 2021, 20:15 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Banjir bandang menerjang Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut Jawa Barat.

Banjir bandang menerjang setelah hujan deras mengguyur Kabupaten Garut sejak siang tadi.

Dalam video amatir terlihat banjir bandang menerjang jembatan dan rumah warga. Belum ada lapoaran korban jiwa atas banjir bandang ini.

Baca Juga: Waspada! Siklon Tropis Paddy Berdampak Pada Cuaca Buruk, Sebabkan Angin Kencang Melanda Jakarta

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyebut ada 13 wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat yang rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang saat turun hujan akhir November 2021 ini. 

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, potensi banjir tersebut berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak atau Impact-Based Forecast (IBF) dengan memperhitungkan potensi dampak yang akan terjadi akibat dari cuaca.

"Analisis dari kondisi atmosferik global hingga lokal menunjukkan adanya aktivitas pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat pada umumnya. Sehingga kejadian hujan di wilayah Jawa Barat mulai meningkat," kata Rahayu dilansir dari Antara, Sabtu (27/11/2021).

Adapun 13 wilayah yang dimaksud, yakni Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x