Kompas TV regional berita daerah

Indahnya Pirografi, Gambar yang Menggunakan Teknik Bakar dengan Media Kayu

Kompas.tv - 27 November 2021, 19:56 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

KOMPAS.TV - Menggambar umumnya dilakukan di atas kertas dengan menggunakan pensil, pena, atau kuas. Namun dengan teknik yang satu ini, pengrajin membuat gambar dengan media kayu dan dengan memanfaatkan panas alias dibakar.

Nama tekniknya adalah pirografi. Biasanya pirografi memanfaatkan media papan kayu limbah yang sudah tak digunakan. Sebagai langkah awal, papan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian, tahap selanjutnya ialah pembuatan sketsa di atas kertas.

Baca Juga: Kerajinan Ukiran Akar Jati, Mencoba Bangkit Ditengah Pandemi

Sketsa yang telah dicetak terbalik ditempelkan pada papan lalu digosok dengan bensin. Setelah digosok secara merata, sketsa kasar pun tercetak pada papan.

Selanjutnya dimulailah proses pembakaran menggunakan solder listrik yang ujungnya telah dimodifikasi. Solder panas digoreskan pada papan mengikuti sketsa yang telah ada.

Hasil pirografi yang tak biasa membuat kaya seni ini dilirik oleh banyak orang. Tak hanya dijadikan pajangan saja, tapi hasil jadinya bisa menjadi kado spesial untuk orang terdekat.

Video editor: Agus Eko Apriyanto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.