Kompas TV nasional kesehatan

Cara Awal Mendeteksi Pembengkakan Jantung

Kompas.tv - 27 November 2021, 16:34 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pembengkakan jantung tidak selalu disebabkan oleh kelainan, ada pembengkakan jantung yang normal misalnya pada atlet.

Dalam gambaran global ada tiga hal yang membuat jantung membesar yaitu, terjadi penumpukan ciaran atau darah yang banyak, tekanan yang dialami jantung tinggi, dan terdapat penyakit di dinding jantung.

Gejala awal yang timbul pada penderita kelainan jantung bengkak adalah mudah sesak nafas, memiliki riwayat jantung bawaan seperti pada anak-anak, dan riwayat keluarga dengan penyakit jantung.

Baca Juga: Profesor Zoologi Beberkan Penyebab Puluhan Ayam Mati Serangan Jantung di India

Selain itu jantung bengkak bisa juga disebabkan oleh penyakit katup jantung, kardiomiopati, tekanan darah tinggi, adanya cairan disekitar jantung, arteri tersumbat, anemia, gangguan tiroid, dan zat besi berlebihan dalam tubuh.

Gejala lain yang timbul bisa berupa, irama jantung tidak teratur, pembengkakan di kaki akibat penumpukan cairan, kelelahan dan pusing, nyeri dada.

Disclaimer: Program ini sudah pernah tayang di KompasTV dan diupload kembali di channel YouTube pada tanggal 5 Maret 2021. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.