Kompas TV regional update

Peringatan Dini Potensi Cuaca Buruk, BPBD Pamekasan: Waspada selama 3 Hari Ini

Kompas.tv - 27 November 2021, 16:42 WIB
peringatan-dini-potensi-cuaca-buruk-bpbd-pamekasan-waspada-selama-3-hari-ini
Ilustrasi potensi cuaca buruk. BPBD Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca buruk di daerah tersebut. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

PAMEKASAN, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca buruk di daerah tersebut.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pamekasan Budi Cahyono mengatakan, informasi tersebut berasal dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"(Peringatan dini itu) berdasarkan prakiraan yang disampaikan oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kepada BPBD Kabupaten Pamekasan dalam tiga hari terakhir ini," ungkap Budi, dikutip dari Antara, Sabtu (27/11/2021).

Untuk itu, Budi mengimbau kepada seluruh warga Pamekasan agar senantiasa waspada terhadap ancaman cuaca buruk, mulai hari ini hingga 29 November 2021.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Hari Ini, BMKG: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang Siang hingga Sore

Lebih lanjut, selama kurun waktu itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang diprediksi bakal terjadi di Pamekasan.

Budi menambahkan, tidak hanya Pamekasan, potensi cuaca buruk itu juga dapat terjadi di sejumlah daerah lain di Pulau Madura seperti Kabupaten Sumenep, Sampang, dan Bangkalan.

Oleh sebab itu, sebagai langkah mitigasinya, BPBD Kabupaten Pamekasan mulai menyebarkan informasi mengenai potensi cuaca buruk tersebut kepada masyarakat melalui berbagai media.

Tak lupa, BPBD Kabupaten Pamekasan pun telah menginstruksikan kepada petugas di lapangan agar memperketat pemantauan dan pengawasan.

Baca Juga: 8 Siswa SMP di Lebak Tertimpa Atap Sekolah Akibat Cuaca Buruk, Bupati Minta Maaf

Dengan demikian, apabila terjadi bencana akibat cuaca buruk, penanganan dan penanggulangan dampaknya dapat dilakukan sesegera mungkin.

"BPBD Kabupaten Pamekasan juga telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri agar ikut membantu melakukan pengawasan dan deteksi dini," imbuh Budi.

Menurut Budi, peran TNI-Polri dalam upaya deteksi dini tersebut sangatlah penting, karena keduanya memiliki jaringan petugas hingga ke tingkat desa.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 13 Wilayah di Jawa Barat Waspada Banjir Akhir Bulan Ini

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.