Kompas TV nasional kesehatan

Simak, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Gerd

Kompas.tv - 27 November 2021, 15:42 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Naiknya asam lambung terjadi karena berbagai faktor, antara lain produksi asam lambung berlebihan, lambatnya pengosongan lambung, dan katup bagian bawah kerongkongan yang mencegah naiknya makanan atau asam di lambung tidak berfungsi.

Meski gerd tak membahayakan keselamatan jiwa, nyatanya penyakit ini menurunkan kualitas hidup, karena akan mengganggu seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Gejala asam lambung naik biasanya ditandai oleh heartburn, yakni rasa nyeri dan panas di dada akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Lalu juga regurgitasi atau rasa pahit akibat asam yang terasa di bagian belakang mulut atau kerongkongan.

Kemudian, bau napas tidak sedap, sulit menelan, batuk kronis, hingga panas dalam. Jika gejala asam lambung naik tidak kunjung reda meski sudah minum obat.

Penderita gerd harus segera memeriksakan diri ke dokter, agar dapat menggunakan obat asam lambung sesuai resep dokter.

Baca Juga: Apa Perbedaan Maag dan Gerd? Begini Penjelasannya

Makanan dan minuman utama yang haris dihindari saat terjadi gerd adalah cokelat dan keju, karena komponen cokelat dan keju membuat pengosongan lambung menjadi terlambat, dan membuat klep antara lambung dan kerongkongan lemah.

Pedas juga memberikan rasa tidak nyaman di daerah lambung. Mengkonsumsi makanan pedas saat gerd muncul memperburuk rasa panas di dada.

Selanjutnya makanan asam yang bisa menyebabkan iritasi pada lambung. Asam yang mengenai luka pada lambung dapat memperburuk keadaan.

Penderita gerd dalam kondisi sehat pun dianjurkan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi makanan asam.

Kemudian cafein dalam kopi akan meningkatkam produksi asam lambung. Dan minuman bersoda juga dapat menambah jumlah gas dalam lambung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x