Kompas TV religi beranda islami

Kisah Nabi Daud Lengkap Beserta Mukjizatnya, Bisa Diceritakan untuk Anak-anak Kita

Kompas.tv - 27 November 2021, 16:52 WIB
kisah-nabi-daud-lengkap-beserta-mukjizatnya-bisa-diceritakan-untuk-anak-anak-kita
Penggalian benteng era Nabi Daud di dataran tinggi Golan. Inilah kisah Nabi Daud lengkap, beserta mukjizat dan bisa diceritakan untuk anak-anak (Sumber: Twitter)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -Jika anak Anda bertanya atau ia ditanya pada pelajaran agama di sekolah tentang siapakah Nabi Daud, kisah lengkap di bawah ini bisa Anda bacakan anak-anak.

Nabi Daud adalah seorang Nabi keturunan keturunan Nabi Ibrahim yang ke-12. Beliau juga seorang raja.

Ia dikenal sebagai seorang Raja yang begitu kuat dan perkasa. Nabi Daud adalah ayahanda dari Nabi Sulaiman, salah seorang yang Nabi yang begitu dikenal karena luasnya ilmu dan kerajaan yang ia miliki.

Dalam Al Qur'an juga dikisahkan tentang Nabi Daud ini. Kisah ini terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 246 tentang seorang Nabi dari golongan Bani Israel setelah wafatnya Musa.

"Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.”

Baca Juga: Benteng Era Nabi Daud Ditemukan di Area Pendudukan Dataran Tinggi Golan

Jika Anda mengenal kisah David vs Goliath yang begitu terkenal, maka kisah itu diambil dari peristiwa Nabi Daud bersama Raja Thalut ketika berhadapan seorang raja zalim bernama Jalut. Kisahnya ada dalam kisah keperkasaan Nabi Daud berikut ini.  

Nabi Daud yang Perkasa Tapi Rendah hati

Awalnya, Bani Israil itu tidak mau menerima kedatangan Daud—waktu itu belum diangkat jadi Nabi, Bani Israil mereka merasa sosoknya lebih rendah dari kaum Bani Israil. Raja mereka, Thalut, juga sempat agak meragukan dengan sosok pemuda ini. Tapi, hati kecilnya berkata, ia percaya pada Daud.

Suatu ketika, Thalut berhadapan dengan seorang raja zalim bernama Jalut dalam sebuah peperangan. Kerajaan Jalut ini begitu besar, sedangkan kerajaan Thalut sendiri berkali-kali lipat lebih kecil. Begitu halnya para pasukannya yang lebih sedikit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x