Kompas TV religi beranda islami

Kisah Nabi Daud Lengkap Beserta Mukjizatnya, Bisa Diceritakan untuk Anak-anak Kita

Sabtu, 27 November 2021 | 16:52 WIB
kisah-nabi-daud-lengkap-beserta-mukjizatnya-bisa-diceritakan-untuk-anak-anak-kita
Penggalian benteng era Nabi Daud di dataran tinggi Golan. Inilah kisah Nabi Daud lengkap, beserta mukjizat dan bisa diceritakan untuk anak-anak (Sumber: Twitter)

JAKARTA, KOMPAS.TV -Jika anak Anda bertanya atau ia ditanya pada pelajaran agama di sekolah tentang siapakah Nabi Daud, kisah lengkap di bawah ini bisa Anda bacakan anak-anak.

Nabi Daud adalah seorang Nabi keturunan keturunan Nabi Ibrahim yang ke-12. Beliau juga seorang raja.

Ia dikenal sebagai seorang Raja yang begitu kuat dan perkasa. Nabi Daud adalah ayahanda dari Nabi Sulaiman, salah seorang yang Nabi yang begitu dikenal karena luasnya ilmu dan kerajaan yang ia miliki.

Dalam Al Qur'an juga dikisahkan tentang Nabi Daud ini. Kisah ini terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 246 tentang seorang Nabi dari golongan Bani Israel setelah wafatnya Musa.

"Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.”

Baca Juga: Benteng Era Nabi Daud Ditemukan di Area Pendudukan Dataran Tinggi Golan

Jika Anda mengenal kisah David vs Goliath yang begitu terkenal, maka kisah itu diambil dari peristiwa Nabi Daud bersama Raja Thalut ketika berhadapan seorang raja zalim bernama Jalut. Kisahnya ada dalam kisah keperkasaan Nabi Daud berikut ini.  

Nabi Daud yang Perkasa Tapi Rendah hati

Awalnya, Bani Israil itu tidak mau menerima kedatangan Daud—waktu itu belum diangkat jadi Nabi, Bani Israil mereka merasa sosoknya lebih rendah dari kaum Bani Israil. Raja mereka, Thalut, juga sempat agak meragukan dengan sosok pemuda ini. Tapi, hati kecilnya berkata, ia percaya pada Daud.

Suatu ketika, Thalut berhadapan dengan seorang raja zalim bernama Jalut dalam sebuah peperangan. Kerajaan Jalut ini begitu besar, sedangkan kerajaan Thalut sendiri berkali-kali lipat lebih kecil. Begitu halnya para pasukannya yang lebih sedikit.

Raja Thalut memang terkenal lihai, ia lantas memerintahkan Daud yang cekatan dan terkenal lihat, serta tangkat untuk memimpin pasukan. Berkat kecerdikannya, pasukan itu berhasil memukul mundur raja zalim itu.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Kesehatan

Cara Awal Mendeteksi Pembengkakan Jantung

Sabtu, 27 November 2021 | 16:34 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19