Kompas TV internasional kompas dunia

Bus Peziarah Tabrak Gedung di Meksiko, Setidaknya 19 Orang Tewas

Sabtu, 27 November 2021 | 17:57 WIB
bus-peziarah-tabrak-gedung-di-meksiko-setidaknya-19-orang-tewas
Ilustrasi peringatan Hari Bunda dari Guadalupe di Mexico City. Setidaknya 19 orang tewas dalam kecelakaan bus peziarah yang hendak menuju situs religius di Chalma, Meksiko, Jumat (26/11/2021). (Sumber: Eduardo Verdugo/Associated Press)

MEXICO CITY, KOMPAS.TV - Kecelakaan bus berisi rombongan peziarah di Meksiko membuat setidaknya 19 orang tewas dan 32 lainnya terluka. Bus ini sedianya hendak menuju sebuah situs untuk upacara keagamaan.

Otoritas menyebut bus diduga mengalami rem blong dan menabrak sebuah gedung di Joquicingo, barat daya Mexico City, Jumat (26/11/2021).

Bus ini memuat rombongan jemaah Katolik yang hendak menziarahi Chalma, sebuah situs religius, jelang perayaan Hari Bunda dari Guadalupe yang jatuh pada 12 Desember.

Baca Juga: Kecelakaan Bus hingga Terbakar di Bulgaria, 45 Orang Tewas

Bus ini dilaporkan berangkat dari Michoacan, sekitar lima jam perjalanan dari tempat kejadian.

Enam korban luka dalam kecelakaan ini menderita luka parah dan diterbangkan ke rumah sakit di Toluca.

Ziarah ke Chalma sendiri dikenal kerap diwarnai kecelakaan. Pasalnya, peziarah cenderung melakukan perjalanan dengan bus tua, sepeda, atau bahkan berjalan kaki.

Chalma merupakan sebuah situs suci sejak sebelum penjajahan Spanyol pada 1521. Setelah kedatangan bangsa Spanyol, para penghayat meyakini sebuah salib secara ajaib muncul di gua yang sebelumnya dipersembahkan untuk dewa Aztek, membuat tempat ini menjadi tempat suci umat Kristiani.

Baca Juga: Diduga akibat Perang Kartel Narkoba Meksiko, 9 Mayat Digantung di Jalan Layang


 

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19