Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Afrika Selatan Kesal, Transparansi Ilmiah Temuan Varian Omicron Diganjar Larangan Terbang

Sabtu, 27 November 2021 | 14:16 WIB
warga-afrika-selatan-kesal-transparansi-ilmiah-temuan-varian-omicron-diganjar-larangan-terbang
Seorang pelancong dari Johannesburg, Afrika Selatan, sedang menjalani tes PCR Covid-19 usai mendarat di London, di tengah munculnya varian baru Covid-19 bernama Omicron. (Sumber: BBC)

JOHANNESBURG, KOMPAS.TV - Warga Afrika Selatan menanggapi dengan tajam kabar bahwa Inggris, dan sederet negara lain yang terus bertambah, bereaksi keras terhadap munculnya varian Covid-19 baru dengan mengeluarkan daftar merah dan larangan bepergian ke negara tersebut, seperti dilansir BBC, Sabtu (27/11/2021).

Meskipun ada kebanggaan sejati di Afrika Selatan dalam keahlian dan transparansi ilmiah negara itu, dan kecepatan dalam mengidentifikasi dan berbagi informasi tentang virus Corona varian Omicron atau B.1.1.529, ada juga perasaan kuat bahwa negara itu dihukum secara tidak adil atas keberhasilannya.

"Dunia harus memberikan dukungan kepada Afrika Selatan dan Afrika, serta tidak mendiskriminasi atau mengisolasinya," kata Prof Tulio de Oliveira, ilmuwan yang berbasis di Durban yang memimpin upaya untuk memahami varian baru B.1.1.529 yang diberi nama Omicron oleh WHO.

Dalam serangkaian cuitan, de Oliviera menunjukkan Afrika Selatan telah "sangat transparan dengan informasi ilmiah. Kami melakukan ini untuk melindungi negara kami dan dunia meskipun berpotensi mengalami diskriminasi besar-besaran."

Afrika Selatan memiliki infrastruktur pemantauan canggih yang memungkinkannya melakukan pekerjaan pengurutan secara efektif.

Prof de Oliveira mendesak "triliuner dan lembaga keuangan" untuk membantu Afrika Selatan mengatasi kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh pembatasan perjalanan baru.

Baca Juga: WHO Sebut Varian Baru Covid-19 Asal Afrika Selatan Mengkhawatirkan, Dinamai Omicron

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Naledi Pandor juga dengan cepat mengutuk larangan perjalanan Inggris, menggambarkannya sebagai "terburu-buru", merusak pariwisata dan bisnis. Ia pun mendesak pemerintah Inggris "untuk mempertimbangkan kembali keputusan ini".

Berita larangan penerbangan menyebabkan frustrasi yang tak terelakkan di kalangan warga Afrika Selatan yang berharap untuk mengunjungi teman dan keluarga selama liburan musim panas di belahan bumi selatan pada bulan Desember.

Afrika Selatan adalah salah satu negara terakhir yang sebelumnya telah dihapus dari daftar merah bulan lalu.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/BBC



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

Everton Resmi Pecat Rafael Benitez!

Minggu, 16 Januari 2022 | 22:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
23:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19