Kompas TV nasional peristiwa

Fakta Pemuda Pancasila, Ormas yang Berhasil Melewati Tiga Era Pemerintahan Indonesia

Kompas.tv - 27 November 2021, 12:15 WIB
fakta-pemuda-pancasila-ormas-yang-berhasil-melewati-tiga-era-pemerintahan-indonesia
Sejumlah massa dari Pemuda Pancasila mendatangi Gedung DPR RI, Kamis (25/11/2021). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemuda Pancasila (PP) tengah menajdi pembicaraan publik usai penyeroyokan perwira polisi saat mengamankan aksi di depan Gedung DPR/MPR, Kamis (25/11/2021).

Dalam aksinya, PP menuntut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta maaf lantaran telah mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menertibkan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) yang di antaranya adalah Pemuda Pancasila.

Pernyataan itu disampaikan Junimart, merespons insiden bentrokan ormas yang melibatkan PP dengan Forum Betawi Rempug (FBR) di Ciledug, Kota Tangerang, Banten. 

Namun aksi yang dilakukan Pemuda Pancasila yang memprotes pernyataan Junimart tidak berjalan kondusif.

Sejumlah anggota Pemuda Pancasila justru terlihat melakukan pengeroyokan terhadap Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali.

Akibat dari pengeroyokan tersebut, AKBP Dermawan Karosekali mengalami sejumlah luka dan dibawa ke RS Polri Kramat Jati.

Kendati selalu mejadi sorotan karena kerap terlibat aksi anarkisme, tapi siapa sangka Pemuda Pacasila adalah ormas yang mampu bertahan di tiga era pemerintahan Indonesia. Yakni, Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.

Baca Juga: Profil Ketum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno, Buru Anggota yang Terlibat Pengeroyokan Polisi

Sejarah Pemuda Pancasila

Dilansir dari laman Badan Pelaksana Kaderisasi Pemuda Pancasila, organisasi Pemuda Pancasila dideklarasikan pada 28 Oktober 1959. 

Pembentukan organisasi Pemuda Pancasila diprakarsai oleh penggawa partai politik Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). 

IPKI sendiri merupakan partai politik yang didirikan oleh pentolan militer Indonesia pada era Orde Lama atau pada saat era kepemimpinan Presiden Soekarno.

Para tokoh pemrakarsa IPKI di antaranya adalah Kolonel Abdul Haris Nasution, Kolonel Gatot Subroto, Kolonel Aziz Saleh, dan lainnya. 

IPKI merupakan partai politik yang didirikan dengan tujuan sebagai lawan ideologis dari Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Oleh karena itu, ketika PKI mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, IPKI meresponsnya dengan mendirikan organisasi Pemuda Pancasila pada 28 Oktober 1959.

Baca Juga: Sejarah Pemuda Pancasila: Dari Nasution ke Yapto

Fakta Pemuda Pancasila Eksis hingga Saat Ini



Sumber : Kompas TV/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x